Rabu, 27 Januari 2016

Mekanisme Pengajuan Cetak Sertifikat NPSN Untuk Madrasah

Mekanisme Pengajuan Cetak Sertifikat NPSN Untuk Madrasah - Mungkin inilah saatnya bagi madrasah-madrasah untuk mendapatkan NPSN Baru. Bagi madrasah yang belum memiliki NPSN harap segera mengajukanya karena NPSN merupakan hal pokok sangat penting agar Madrasah anda diakui oleh kemendikbud.
Bagi yang belum punya NPSN dan ingin mengajukan NPSN bisa mengikuti langkah-langkah yang sudah dipostingkan oleh blog ini. Baca saja disini : Mekanisme Pengajuan NPSN.
Dan bagi yang baru mengajukan dan telah terbit NPSN nya untuk pengajuan periode tahun 2016 silahkan baca dan download list NPSN nya disini :
Daftra Pengajuan NPSN RA / Madrasah. Bagi yang baru mengajukan dan telah terbit NPSN nya saya ucapkan selamat. Apakah sudah diberi sertifikat NPSN ? Nah jika belum maka akan segera dibahas di postingan kali ini.

Mekanisme Pengajuan Cetak Sertifikat NPSN Untuk Madrasah
Mekanisme Pengajuan Cetak Sertifikat NPSN Untuk Madrasah ini terbit sekitar sebulan yang lalu. Mekanisme ini diterbitkan oleh PDSP karena selama ini yang mengelola data statistik dan data pokok pendidikan adalah PDSP.
Berikut ini merupakan  Mekanisme Pengajuan Cetak Sertifikat NPSN Untuk Madrasah :

Mekanisme Pengajuan Cetak Sertifikat NPSN Untuk Madrasah

Setiap Satuan Pendidikan dibawah naungan Ditjen Pendidikan Islam (RA/Madrasah) berhak mendapatkan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan Sertifikat Bukti Kepemilikan NPSN tersebut.
Pemberian  NPSN  RA/Madrasah  dilakukan  oleh  PDSPK  Kemendikbud melalui Mekanisme Sistem EMIS Pendis.
Penerbitan  Sertifikat  NPSN  untuk  RA/Madrasah  dapat  dilakukan  oleh Kanwil Kemenag Propinsi Jawa Timur.
Mekanisme  mendapatkan  Sertifikat NPSN  RA/Madrasah  adalah  sebagai berikut:
  1. Operator   Lembaga   harus  terdaftar   pada   Jaringan  Pengelola   Data Pendidikan  (http://sdm.data.kemdikbud.go.id dengan  melampirkan Surat Penugasan dari pimpinan masing-masing. Baca : tutorial cara mendaftar Operator Sekolah . Akun untuk itu bisa untuk mengelola verval pd sekaligus verval sp (untuk mengelola data master NPSN). 
  2. Setelah Akun lembaga di aktifasi oleh PDSP Pusat maka selanjutnya setiap RA/Madrasah harus melakukan Update/Upload File SK Ijin Operasional Pendirian Madrasah bertipe PDF dengan ukuran kurang dari 1 mb di lakun lembaga masing - masing di alamat web http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id . Baca tutorial dan cara lengkapnya disini : Cara Update Data Master Sekolah di Verval SP .
  3. Melaporkan  basil  Update/Upload ke  operator EMIS  Kab/Kota  untuk direkap dan dibuatkan permohonan pencetakan Sertifikat NPSN.
  4. Admin Kanwil hanya melayani pencetakan Sertifikat NPSN berdasarkan daftar nama  dan  identitas RA/Madrasah  pada  Lampiran  Surat Permohonan Pencetakan Sertifikat NPSN dari Pendma Kab/Kota.
Demikianlah Mekanisme Pengajuan Cetak Sertifikat NPSN Untuk Madrasah, semoga bisa membantu memperlancar anda dalam memperoleh Sertifikat NPSN.
Bagi yang anda yang membutuhkan File Surat Tugas Operator Verval SP di PDSP silahkan unduh dibawah ini :


EmoticonEmoticon