Jumat, 05 Februari 2016

Download Aplikasi EMIS Desktop Semester Genap Tahun 2016

Download Aplikasi EMIS Desktop Semester Genap Tahun 2016 - Sedikit terlambat saya dalam mempublikasikan aplikasi ini. Aplikasi desktop emis semester genap untuk tahun pelajar 2015/2016 sudah rilis dua hari lalu. Namun tidak apa - apa lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.
Karena saya yakin banyak sekali pengunjung setia forum ini yang menantikan untuk mendownload

aplikasi emis desktop semester genap untuk tahun pelajaran 2015/2016. Aplikasi desktop emis dibuat menggunakan bahasa pemrograman visual basic yang menggunakan basis data MS, Acsses.
Aplikasi EMIS memiliki compailer yang mampu menggenerate database menjadi file berformat .emis
Aplikasi desktop emis merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk melakukan validasi data-data yang dimasukan melalui form data excel.
Download Aplikasi EMIS Desktop Semester Genap Tahun 2016

Bagi anda yang belum mengisi bahkan belum memiliki form data excel emis semester genap silahkan download dibawah ini :
Download Form Data Emis Semester Genap Tahun 2015/2016
Untuk lembaga pondok pesantren download form excel emis dibawah ini :
Download Form Data EMIS Khusus Pondok Pesantren Semester Genap Tahun 2015-2016

Kembali lagi ke aplikasi Desktop EMIS Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016, Menyambung yang saya jelaskan diatas bahwa aplikasi desktop ini adalah aplikasi untuk memastikan kevalidan data yang di input dari form excel yang nantinya akan dikirim ke pusat dengan cara mengupload database hasil backup data emis menggunakan aplikasi desktop ini. Jika semua data sudah fixed tidak muncul error artinya anda sudah benar saat pengerjaan form excel. Namun jika masih ditemukan eror berarti data anda masih belum fixed atau masih ada yang salah. Entah format tulisan, data kosong, tipe data tidak sesuai dan berbagai faktor lainya.

Tanpa aplikasi desktop emis semester genap ini maka tidak akan pernah bisa melakukan upload data emis ke pusat. Karena file yang diupload ke ke pusat melalui situs emispendis.kemenag.go.id adalah file bertipe .emis yang merupakan hasil generate database dari aplikasi emis desktop tersebut.
Cara menggunakan aplikasi inipun tidaklah sulit anda hanya perlu login menggunakan NSM masing-masing lembaga kemudian memasukan password : "lembaga" tanpa tanda petik dua.

Pada tampilan awal anda akan di suguhi form lembaga yang harus anda isi dengan lengkap. Kemudian ada form-form data ptk, data siswa rekap, data lulusan, data detail siswa, data detail PTK dan masih banyak form-form lainya yang harus diisi dengan fixed.

Download Aplikasi EMIS Desktop Semester Genap Tahun 2016 bagi anda yang belum punya langsung saja comot download aplikasinya dibawah ini :

Senin, 01 Februari 2016

Download Form Data EMIS Khusus Pondok Pesantren Semester Genap Tahun 2015-2016

Download Form Data EMIS Khusus Pondok Pesantren Semester Genap Tahun 2015-2016 - Tanggal upload emis semakin dekat, maka dari itu alangkah baiknya kita semua mempersiapkan segalanya sebelum nantinya aplikasi dekstop emis semester genap tahun 2015-2016 rilis.
Kemarin saya sudah bagikan Form data emis excel untuk pendataan semester genap tahun pelajaran 2015-2016.
Bagi anda operator Madrasah baik itu RA, MI, MTs, ataupun MA yang belum memiliki form data emis excel silahkan download disini :
Download Form Data EMIS untuk Semester Genap Tahun Pelajaran 2015-2016.
Jika sudah memiliki cek juga jadwalnya, download lengkap jadwalnya disini :
Jadwal Upload EMIS Semester Genap Tahun pelajaran 2015/2016.
Download Form Data EMIS Khusus Pondok Pesantren Semester Genap Tahun 2015-2016
Karena kemarin ada yang merequest form data emis untuk pendataan pondok pesantren maka disni saya akan langsung saja membagikan form data emis khusus untuk lembaga pondok pesantren periode semester genap tahun 2015-2016.
Sedikit yang saya ketahu jika mengupas mengenai form data emis untuk pondok pesantren karena saya belum pernah sama sekali megang pendidikan pondok pesantren dalam perihal emis.
Setahu saya ada 6 form untuk kategori form data emis pondok pesantren ini yaitu form untuk lembaga pondok pesantren, form emis untuk santri pondok pesantren, form emis pondok pesantren penyelanggara program wajar dikdas salafiyah tahun 2015/2016, form emis santri peserta program wajar dikdas salafiyah tahun 2015/2016, form emis untuk lembaga diniyah (Madin), dan terakhir form emis untuk lembaga pendidikan Al-Qur'An (LPQ) TP 2015/2016.
Semua file tersebut lengkap akan saya bagikan disini.Download Form Data EMIS Khusus Pondok Pesantren Semester Genap Tahun 2015-2016 dibawah ini :

Sabtu, 30 Januari 2016

Jadwal Upload EMIS Semester Genap Tahun 2015-2016

Jadwal Upload EMIS Semester Genap Tahun 2015-2016 - Kalu form data emis sudah dirilis oleh bagian perencana sistem informasi pendis itu artinya sebentar lagi waktunya upload data emis semester genap tahun 2015-2016. Apakah anda sudah tahu jadwal upload emis semester genap tahun 2015/2016 di kabupaten/kota anda.
Anda harus tahu atau bahkan memiliki jadwal upload emis ini agar anda tidak ketinggalan dalam melakukan upload.
Jadwal ini dirilis oleh dirjen pendis bersamaan dengan form data emis yang kemarin juga sudah saya postingkan. Bagi yang belum memiliki form excel data emis semester genap tahun 2015/2016 silahkan doownload disini : Download Form Excel Data EMIS Semester Genap Tahun 2015/2016.
Jadwal Upload EMIS Semester Genap Tahun 2015-2016 ini adalah jadwal untuk madrasah seluruh diseluruh indonesia.
Upload EMIS Semester Genap tahun pelajaran 2015-2016 dimulai pada tanggal 08 Februari 2016, yaitu oleh propinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kalimantan Tengah.
Untuk kota/kabupaten detailnya bisa anda lihat sendiri nanti di jadwal lengkapnya.
Sementara itu untuk masa berakhir upload emis semester genap Tahun 2015-2016 yaitu pada tanggal 05 Maret 2016.
Jadwal Upload EMIS Semester Genap Tahun 2015-2016
Bagi yang kebagian jadwal lebih awal upload yaitu tanggal 08 Februari 2016 saya saranka agar segera mengerjaknya mulai saat ini. Agar ketika waktunya aplikasi dekstop emis semester genap tahun 2015-2016 rilis anda sudah siap semuanya tinggal melakukan back up. lalu tinggal nunggu sistem emis online dibuka.
Untuk semester dua ini dirjen pendis bagian sistem informasi menyarankan agar dalam mengerjakan form data emis excel harus berhati-hati agar data yang masuk benar-benar valid. Semester lalu banyak data yang tidak valid, banyak data yang acak-acakan, terlebih lagi banyak sekali data yang tidak masuk dan terbaca oleh sistem. Padahal melalui emis inilah akan digunakan sebagai dasar penentu pengambilan kebijakan dalam menyalurkan bantuan-bantuan operasional. Seperti Dana BOS, bantuan sarana prasarana, bantuan pembangunan gedung bahkan dari data emis inilah nantinya akan digunakan untuk mengambil DNS (Daftar Nominasi Sementara) Peserta Ujian Nasional.
Maka dari itu sudah semestinya para operator madrasah benar-benar berjuang dalam hal data emis ini. Jangan mengeluh kita harus yakin bahwa didunia ini tidak ada yang sia-sia. Allah menciptakan/membuat sesuatu keadaan entah itu terjadi pada anda, alam, hewan, tumbuhan semua pasti ada maksud dan tujuanya. Dan kita harus yakin pada akhirnya keindahanlah tujuan tersebut. Rabbana ma khalaqta hadza bathila.
Baik langsung saja daripada ngelantur sana sini download saja langsung Jadwal Upload EMIS Semester Genap Tahun 2015-2016 dibawah ini :

Jumat, 29 Januari 2016

Download Form Data EMIS Semester Genap Tahun 2015-2016

Download Form Data EMIS Semester Genap Tahun 2015-2016 - Selamat pagi sahabat operator ! semester ganjil telah kita tinggalkan kini melangkah ke Semester genap. Apa kabar operator setia EMIS. Semoga masih tetap semangat dalam menjalani tugas. Melalui postingan ini saya publikasikan instruksi dari dirjen pendis perihal pemutakhiran data emis semester genap tahun pelajaran 2015-2016. Dua hari lalau telah terbit surat dari dirjen pendis mengenai pengantar pemutakhiran data emis semester genap tahun 2016.
Form Data Emis Semester Genap Tahun 2015-2016 juga sudah dirilis anad bisa MenDownload Form Data EMIS Semester Genap Tahun 2015-2016 melalui link di bawah postingan ini.
Dalam Rangka Pemutakhiran Data EMIS Semester Genap Tahun 2015-2016 dirjen pendis menyampaikan hala-hal berikut :

Download Form Data EMIS Semester Genap Tahun 2015-2016

Pemutakhiran data EMIS Semester Genap TP 2015/2016 diberlakukan bagi seluruh entitas pendataan di bawah binaan Direktorat Jenderal PendidikanIslam, meliputi :
  1. Pendataan RA, MI, MTs, MA dan Pengawas Madrasahdi bawah koordinasi Bidang Pendidikan Madrasah/Pendidikan Islam di tingkat Kanwil Kemenag Provinsi dan Seksi Pendidikan Madrasah/Pendidikan Islam di tingkat Kankemenag Kab./Kota (sesuai tipologi masing-masing Kanwil dan Kankemenag).
  2. Pendataan Pondok Pesantren, Madrasah Diniyah Takmiliyah, Lembaga Pendidikan Al Qur'an (LPQ) serta Pondok Pesantren Penyelenggara Program Wajar Dikdas di bawah koordinasi Bidang PD-Pontren/PAKIS/Pendidikan Islam di tingkat Kanwil Kemenag Provinsi dan Seksi PD-Pontren/PAKIS/Pendidikan Islam di tingkat Kankemenag Kab./Kota (sesuai tipologi masing-masing Kanwil dan Kankemenag).
  3. Pendataan Guru PAI pada Sekolah dan Pengawas PAI di bawah koordinasi Bidang Pendidikan Agama Islam/PAKIS/Pendidikan Islam di tingkat Kanwil Kemenag Provinsi dan Seksi Pendidikan Agama Islam/PAKIS/Pendidikan Islam di tingkat Kankemenag Kab./Kota (sesuai tipologi masing-masing Kanwil dan Kankemenag).
  4. Pendataan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di bawah koordinasi Bagian Perencanaan dan Data atau Pangkalan Data Perguruan Tinggi (sesuai unit penanggungjawab EMIS yang ditunjuk di PTKIN masing-masing).
  5. Pendataan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) di bawah koordinasi Kopertais Wilayah sebagai unit penanggung jawab EMIS PTKIS di wilayah masing-masing.
    Download Form Data EMIS Semester Genap Tahun 2015-2016
Download Form Data EMIS Semester Genap Tahun 2015-2016 - Setiap satuan  pendidikan,    peserta  didik,  lulusan,    pendidik   dan tenaga   kependidikan di  bawah binaan  Direktorat    Jenderal   Pendidikan    Islam    Kementerian   Agama  R.I
diwajibkan  untuk  melakukan   pemutakhiran data  EMIS  Semester  Genap TP
2015/2016 dengan mengisi  instrumen  pendataan resmi yang dikeluarkan  oleh Ditjen  Pendidikan  Islam secara lengkap,   tepat  dan  akurat,   sesuai petunjuk pengisian data yang tersedia.

Waktu pelaksanaan pemutakhiran data  EMIS  Madrasah  dan  PTKI  Semester Genap TP 2015/2016 dimulai  terhitung sejak ditandatanganinya surat ini dan akan berakhir pada tanggal 5 Maret 2016.  Khusus untuk data EMIS PD-Pontren dan PAI batas waktu updating akan kami informasikan pada kesempatan berikutnya.

Format pendataan EMIS Semester  Genap TP 2015/2016 telah  disediakan oleh
Subbag  Sistem  Informasi,  Setditjen  Pendidikan Islam dan dapat diunduh pada laman:
http:/ /www.pendis.kemenag.go.id    pada kolom Info  Penting.

Mahon dipastikan,   setiap operator data  EMIS  tingkat  Kanwil Kemenag Provinsi, Kemenag Kab./Kota  dan tingkat  satuan  pendidikan   (RA,  MI, MTs,  MA dan PTKI) sudah terdaftar pada aplikasi   EMIS  SDM  yang dapat diakses melalui  laman web : http://emispendis.kemenag.g.iod/   emis_sdm.

Kanwil  Kementerian Agama Provinsi dimohon untuk segera meneruskan informasi terkait   kegiatan  pemutakhiran data  EMIS Semester  Genap  TP  2015/2016  ini kepada  seluruh  Kankemenag Kab./Kota  dan  satuan  pendidikan yang  ada  di wilayahnya.

Untuk perguruan tinggi,  sebelum melakukan updating data EMIS PTKI Semester Genap TA  2015/2016,  setiap  PTKI diwajibkan  terlebih   dahulu  menyelesaikan upload  data EMIS PTKI Semester  Ganji!  TA 2015/2016. Upload data EMIS PTKI Semester Ganji! TP 2015/2016 akan ditutup pada tanggal  5 Februari 2016.

Kopertais dimohon untuk meneruskan informasi  terkait  penyelesaian upload data Semester Ganji! TA 2015/2016 dan rencana pemutakhiran data EMIS Semester Genap TA 2015/2016 ini kepada seluruh PTKIS yang menjadi binaannya.

Para pejabat penanggungjawab data EMIS di tingkat  Kanwil Kemenag Provinsi, Kankemenag Kab./Kota,  PTKIN dan Kopertais bertanggungjawab untuk melakukan pemantauan dan  pengawasan dalam  pelaksanaan  pemutakhiran data  EMIS   di wilayahnya masing-masing sesuai dengan mekanisme  dan waktu yang ditetapkan.

Update Info : Jadwal EMIS Semester Genap Tahun 2015-2016

Berikut List Data EMIS Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016. Download Form Data EMIS Semester Genap Tahun 2015-2016 dibawah ini.

Rabu, 27 Januari 2016

Mekanisme Pengajuan Cetak Sertifikat NPSN Untuk Madrasah

Mekanisme Pengajuan Cetak Sertifikat NPSN Untuk Madrasah - Mungkin inilah saatnya bagi madrasah-madrasah untuk mendapatkan NPSN Baru. Bagi madrasah yang belum memiliki NPSN harap segera mengajukanya karena NPSN merupakan hal pokok sangat penting agar Madrasah anda diakui oleh kemendikbud.
Bagi yang belum punya NPSN dan ingin mengajukan NPSN bisa mengikuti langkah-langkah yang sudah dipostingkan oleh blog ini. Baca saja disini : Mekanisme Pengajuan NPSN.
Dan bagi yang baru mengajukan dan telah terbit NPSN nya untuk pengajuan periode tahun 2016 silahkan baca dan download list NPSN nya disini :
Daftra Pengajuan NPSN RA / Madrasah. Bagi yang baru mengajukan dan telah terbit NPSN nya saya ucapkan selamat. Apakah sudah diberi sertifikat NPSN ? Nah jika belum maka akan segera dibahas di postingan kali ini.
Mekanisme Pengajuan Cetak Sertifikat NPSN Untuk Madrasah
Mekanisme Pengajuan Cetak Sertifikat NPSN Untuk Madrasah ini terbit sekitar sebulan yang lalu. Mekanisme ini diterbitkan oleh PDSP karena selama ini yang mengelola data statistik dan data pokok pendidikan adalah PDSP.
Berikut ini merupakan  Mekanisme Pengajuan Cetak Sertifikat NPSN Untuk Madrasah :

Mekanisme Pengajuan Cetak Sertifikat NPSN Untuk Madrasah

Setiap Satuan Pendidikan dibawah naungan Ditjen Pendidikan Islam (RA/Madrasah) berhak mendapatkan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan Sertifikat Bukti Kepemilikan NPSN tersebut.
Pemberian  NPSN  RA/Madrasah  dilakukan  oleh  PDSPK  Kemendikbud melalui Mekanisme Sistem EMIS Pendis.
Penerbitan  Sertifikat  NPSN  untuk  RA/Madrasah  dapat  dilakukan  oleh Kanwil Kemenag Propinsi Jawa Timur.
Mekanisme  mendapatkan  Sertifikat NPSN  RA/Madrasah  adalah  sebagai berikut:
  1. Operator   Lembaga   harus  terdaftar   pada   Jaringan  Pengelola   Data Pendidikan  (http://sdm.data.kemdikbud.go.id dengan  melampirkan Surat Penugasan dari pimpinan masing-masing. Baca : tutorial cara mendaftar Operator Sekolah . Akun untuk itu bisa untuk mengelola verval pd sekaligus verval sp (untuk mengelola data master NPSN). 
  2. Setelah Akun lembaga di aktifasi oleh PDSP Pusat maka selanjutnya setiap RA/Madrasah harus melakukan Update/Upload File SK Ijin Operasional Pendirian Madrasah bertipe PDF dengan ukuran kurang dari 1 mb di lakun lembaga masing - masing di alamat web http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id . Baca tutorial dan cara lengkapnya disini : Cara Update Data Master Sekolah di Verval SP .
  3. Melaporkan  basil  Update/Upload ke  operator EMIS  Kab/Kota  untuk direkap dan dibuatkan permohonan pencetakan Sertifikat NPSN.
  4. Admin Kanwil hanya melayani pencetakan Sertifikat NPSN berdasarkan daftar nama  dan  identitas RA/Madrasah  pada  Lampiran  Surat Permohonan Pencetakan Sertifikat NPSN dari Pendma Kab/Kota.
Demikianlah Mekanisme Pengajuan Cetak Sertifikat NPSN Untuk Madrasah, semoga bisa membantu memperlancar anda dalam memperoleh Sertifikat NPSN.
Bagi yang anda yang membutuhkan File Surat Tugas Operator Verval SP di PDSP silahkan unduh dibawah ini :

Selasa, 26 Januari 2016

Juknis BOS Madrasah Tahun 2016

Juknis BOS Madrasah Tahun 2016 - BOS (Bantuan Operasional Sekolah) adalah dana yang dikucurkan oleh pemenrintah untuk dunia pendidikan di indonesia.
Dana BOS dari pemerintah pusat disalurkan melalui kementrian pendidikan untuk sekolah umum, dan kementrian agama untuk madrasah dibawah naungan kementrian agama.
Hari berganti bulan berlalu tahun lalu telah kita tinggalkan, tahun baru juknis BOS juga baru. Akhir-akhir ini telah dirilis melalui situs resmi dirjen pendis yaitu Juknis BOS Madrasah 2016.
Juknis BOS Madrasah 2016 ini diterbitkan khusus untuk sekolah dibawah naungan kementrian agama dirjen pendis (Pendidikan Islam).
Juknis BOS Madrasah Tahun 2016 ini diterbitkan melalui keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 361 Tahun 2016 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Untuk Madrasah Tahun Anggaran 2016.
Dirjen Pendis Melalui SK tersebut menetapkan hal-hal sebagai berikut :

  1. Kesatu : Menetapkan     Petunjuk      Teknis     Bantuan     Operasional Sekolah     pada     Madrasah   Tahun     2016     sebagaimana tercantum dalam  Lampiran dari  Keputusan ini.
  2. Kedua : Petunjuk Teknis sebagaimana dimaksud pada Diktum KESATU merupakan acuan dalam pelaksanaan Bantuan Operasional Sekolah pada Madrasah Tahun Anggaran 2016.
  3. Ketiga : Keputusan ini Berlaku pada tahun Anggaran 2016
Penuntasan program wajib belajar bagi peserta didik merupakan program prioritas pemerintah yang selama ini menjadi salah satu rencana kerja pemerintah, karena masih ada anak masa usia sekolah tidak merasakan pendidikan atau putus sekolah baik itu di madrasah maupun di sekolah umum.

Indikator tersebut dapat dilihat dari sumber data Education Management Information System (EMIS) untuk Angka Partisipasi Kasar (APK) tingkat Madrasah Ibtidaiyah mencapai angka 12,65%, Madrasah Tsanawiyah mencapai angka 23,60% dan Madrasah Aliyah mencapai angka 9,10%. Melalui program BOS untuk 48.423 madrasah pada anggaran DIPA Direktorat Jenderal Pendidikan Islam pada tahun 2016, diharapkan dapat meningkatkan APK sebagai cermin meningkatnya layanan mutu pendidikan di Kementerian Agama. Masih banyak yang harus dilakukan oleh pemerintah dalam hal ini Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui program Bantuan Operasional Sekolah pada madrasah agar dapat membantu anak usia sekolah merasakan pendidikan di madrasah.
Juknis BOS Madrasah Tahun 2016

Tentunya tidak terlepas dari kinerja para penanggungjawab BOS di setiap satuan kerja Kementerian Agama sehingga proses pelaksanaan program BOS pada madrasah dapat terlaksana dengan baik dan optimal. Anggaran pemerintah yang keluar melalui APBN ini harus dibarengi dengan akuntabilitas dalam pelaksanaannya, sehingga diperlukan regulasi yang dapat dipahami oleh seluruh pelaksana program BOS tersebut. Regulasi dalam bentuk petunjuk teknis ini akan menjadi pedoman dalam pelaksanaan program BOS di setiap satker Kementerian Agama pada tahun 2016.

 Diharapkan setiap penanggungjawab BOS Kanwil Kementerian Agama Provinsi dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota dapat mensosialisasikan petunjuk teknis BOS pada Madrasah tahun 2016 yang telah diterbitkan ini, agar pertanggungjawaban pelaksanaannya lebih baik dan akuntabel.

Juknis BOS Madrasah Tahun 2016

BOS adalah program pemerintah yang pada dasarnya adalah untuk penyediaan pendanaan biaya operasional non personalia bagi satuan pendidikan dasar sebagai pelaksana program wajib belajar.
Menurut  PP 48 Tahun 2008 Tentang Pendanaan Pendidikan, biaya non personalia adalah biaya untuk bahan atau peralatan pendidikan habis pakai, dan biaya tidak langsung berupa daya, air, jasa,

telekomunikasi, pemeliharaan  sarana  dan  prasarana,  uang  lembur,  transportasi,  konsumsi,  pajak,  asuransi,  dll.  Namun demikian, ada beberapa jenis pembiayaan investasi dan personalia yang diperbolehkan dibiayai dengan dana BOS. Secara detail jenis kegiatan yang boleh dibiayai dari dana BOS dibahas pada bagian penggunaan dana BOS.

Permasalahan BOS yang harus diselesaikan dalam menyusun laporanpun sebaiknya mengikuti juknis bos madrasah tahun 2016 ini. Karena dengan mengikuti juknis bos ini akan mempermudah anda dalam menyelesaikan laporan pertanggung jawaban dalam bentuk SPJ.

Langsung saja bagi anda yang belum memiliki Juknis BOS Madrasah Tahun 2016 download dibawah ini :

Sabtu, 23 Januari 2016

Tutorial Lengkap Verval Inpassing Simpatika

Tutorial Lengkap Verval Inpassing Simpatika - Inpassing merupakan sebuah hal yang sangat vital terutama bagi GBPNS (Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil), karena Inpassing adalah proses penyetaraan status kepegawaian para guru bukan PNS dengan PNS.
Maksudnya adalah Guru Bukan PNS akan mendapat sebuah SK yang merupakan SK Penyetaraan atau sama dengan PNS. Didalam Inpassing juga terdapat tingkatan golongan kepegawaian sesuai / sama dengan golongan-golongan di Pegawai Negeri Sipil. Bahkan Honor / Gajinya pun akan disetarakan dengan PNS sesuai dengan golonganya.
Akhir-akhir ini terdengar atau tersiar kabar bahwa GBPNS yang sudah inpassing akan dicairkan honornya. Karena selama ini para GBPNS yang sudah berstatus Inpassing belum sama sekali menerima honor dari inpassing. yang saya bicarakan ini adalah GBPNS dilingkungan kementrian agama.
Berhubung akan segera cair, maka pemerintah melalui dirjen pendis ingin medata ulang atau memverivikasi dan validasi data inpassing setiap GBPNS.
Verifikasi dan Validasi atau yang biasa disebut verval dilakukan melalui sistem aplikasi web Simpatika.
Simpatika yang selama ini menjadi pusat data para PTK dilingkungan kementrian agama telah siap melaunching Verval Inpassing Simpatika. Bahkan sudah bisa digunakan.
Oleh karena itu saya himbau agar bersiap-siap menyediakan data-data yang dibutuhkan untuk melakukan verval inpasing simpatika. Kemarin saya sudah bagikan cara update portofolio terkait dengan data inpassing. Baca disini : Cara Memasukan Data Inpassing di Simpatika
Tutorial Lengkap Verval Inpassing Simpatika  ini admin buat agar memudahkan para PTK GBPNS untuk mengisi / menyelesaikan verval inpassing simpatika. Karena betapa pentingnya verval inpassing ini saya harap anda baik ptk maupun para operator yang diberi kewenangan untuk melakukan verval inpassing simpatika ini untuk tidak main-main alias asal asalan dalam mengerjakanya. Data harus benar-benar valid sesuai yang tertera di berkas SK inpassing masing-masing GBPNS.

Berkas Persyaratan Verval Inpassing Simpatika 

Dalam melakukan verval inpasing simpatika membutuhkan sebuah berkas anda yang sangat penting. Berkas apakah itu ? apa lagi kalau bukan SK Inpassing. Ayo segera cari / ambil SK Inpassing anda lalu serahkan ke operator agar di scan. Bagi para operator saya ingatkan agar senantiasa hati-hati dalam mengerjakan tugas ini setelah melakukan scan sk inpasing segera kembalikan SK tersebut ke guru yang bersangkutan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misal : SK lupa naruh, telisut, sobek, basah dll. Nah kalau terjadi hal tersebut kan operator lagi nanti yang disalahkan. ya beginilah nasib operator sekolah salah sedikit alamat dah tidak duyan makan.

Tutorial Lengkap Verval Inpassing Simpatika 

Berikut Tutorial Lengkap Verval Inpassing Simpatika  silahkan disimak dan diikuti dengan teliti ;
  1. Masuk ke halaman simpatika http://simpatika.kemenag.go.id
  2. Klik login PTK / Admin
    Tutorial Lengkap Verval Inpassing Simpatika
  3. Masukan user dan password
    Tutorial Lengkap Verval Inpassing Simpatika
  4. Jika sudah berhasil login. Klik / Pilih layanan PTK
    Tutorial Lengkap Verval Inpassing Simpatika
  5. Klik menu verval inpassing yang berada di bilah kiri.
    Tutorial Lengkap Verval Inpassing Simpatika
  6. Kemudian klik Formulir
  7. Masukan data-data inpassing anda meliputi : Tanggal mulai tugas, Nomor SK Inpassing, Golongan, dan upload hasil scan sk inpassing.
    Tutorial Lengkap Verval Inpassing Simpatika
  8. Klik Simpan dan cetak surat ajuan
  9. Berikutnya anda akan mendapat formulir s31a dari hasil cetak ajuan tersebut.
    Tutorial Lengkap Verval Inpassing Simpatika
  10. Serahkan ke penma kab/kota, jangan lupa minta surat bukti berupa s31b bahwa anda sudah melakukan verval inpasing.
    Tutorial Lengkap Verval Inpassing Simpatika
  11. Jika ajuan anda disetujui / diaprove oleh admin kab/kota maka akan tampak seperti gambar dibawah ini.
    Tutorial Lengkap Verval Inpassing Simpatika
  12. cek secara berkala apakah ajuan anda sudah di setujui sampai kanwil propinsi. Ajuan yang sudah disetujui sampai kanwil akan tampak seperti gambar dibawah ini.
    Tutorial Lengkap Verval Inpassing Simpatika
Demikian Tutorial Lengkap Verval Inpassing Simpatika  semoga bisa membantu anda dan memperlancar aktifitas anda dalam melaksanakan verval inpassing di simpatika. Nantikan info berkualitas lainya dari forumoperator.blogspot.co.id