Kamis, 25 Juli 2019

Verval Simpatika Tahun Ajaran 2019-2020 Akan Dimulai 1 Agustus

Seperti yang sudah admin publikasikan kemaren, bahwasanya Simpatika 2019-2020 akan segera dirilis dan dimulai bagi yang belum sempat membaca terkait hal-hal penting persiapan simpatika 2019/2020 silahkan anda baca disini.
Dua hari lalu Kementerian Agama Kembali menerbitkan surat edaran terkait layanan Simpatika semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 ini. Melalui surat dengan nomor B-801/Kk.13.14.2/PP.00/07/2019 perihal tentang Pengelolaan Verval Simpatika Semester Ganjil Tahun 2019/2020.
Simpatika merupakan salah satu sistem informasi pengelolaan data pendidikan madrasah yang dibangun oleh kementerian agama guna meningkatkan keakuratan data. Selain dengan adanya sistem simpatika proses trasfer informasi berupa data-data pokok pendidikan jauh lebih cepat karena tersaji secara online dan realtime.
Sejauh ini simpatika telah mengalami banyak sekali evolusi sejak pertama kali diciptakan. Sistem dibuat semudah mungkin dalam hal penggunaan agar user tidak kesulitan saat mengoperasikanya.

Tahun 2019/2020 Server Simpatika masih sangat mumpuni.

Meski sudah berjalan sekian tahun server simpatika tergolong cukup mumpuni dalam melayani lalu lintas data kependidikan seluruh madrasah di indonesia. Hal ini terbukti dengan jarang sekali server simpatika mengalami down ataupun overload. Adapun jika mengalami pemasalahan mungkin hanya sebatas Maintance ataupun sistem sedang melakukan update modul. Jauh sekali berbeda dengan server emis yang kerap sekali overload bahkan sampai down. EMIS hendaknya belajar banyak dari simpatika dalam hal Server.

Kapan Simpatika 2019/2020 akan dimulai.

Seperti yang termuat didalam surat edaran dari kementrian agama perihal pengelolaan Verval simpatika semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 bahwasanya semua layanan di simpatika akan mulai dibuka pada1 Agustus 2019. Itu artinya tidak lama lagi sistem akan segera ON, maka dari itu rekan operator segeralah persiapkan semua amunisi mulai dari jadwal pelajaran, data PTK baru yang akan dimasukan ke simpatika, ataupun data untuk mengupdate portofolio para guru yang mengalami perubahan.

Tidak Banyak Waktu yang Dimiliki Operator Untuk Mengerjakan Simpatika

Simpatika akan meembatasi tiap-tiap layanan verval sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Dengan demikian waktu yang dimiliki operator madrasah sangatlah singkat mulai dari menginput jadwal, menginput siswa, menyusun rombel, mengajukan verval S25 dan lain-lain. Begitu juga bagi para PTK untuk melakukan ajuan verval SKMT dan SKBK dibatasi oleh penjadwalan yang dilakukan oleh sistem simpatika. Maka dari itu alangkah lebih baik jika segera menyelasikan semuanya sebelum batas pengerjaan ditutup. Karena didalam simpatika inilah nantinya memuat data-data penting terutama dalam hal pencairan sertifikasi, inpasing dan tunjangan insentif. Jika terlambat verval SKBK SKAKPT tidak bisa terbit, jika SKAKPT tidak terbit otomatis sertifikasi/inpassing anda tidak bisa dicairkan. Jadi harap hati-hati ya gaaess..

Verval Simpatika Tahun Ajaran 2019-2020 Akan Dimulai 1 Agustus

Akun Kepala Madrasah Di Simpatika Otomatis Menjadi Admin

Informasi lainya yang tak kalah penting adalah bahwa didalam simpatika semester ganjil tahun 2019/2020 akun kepala madrasah akan secara otomatis menjadi admin simpatika di lembaganya.
Jadi jangan kaget nanti kepala madrasah jika melihat banyak menu-menu administrator yang harus dikerjakan seperti jadwal, abesn guru, pengelolaan ptk, pengelolaan siswa, kelas, rombel dan masih banyak lagi lainya. Namun anda tidak perlu khawatir, serahkan saja semuanya kepada operator madrasah insya Allah selesai. Operator Madrasah sudah terkenal tahan banting dalam mengerjakan tugas apapun.

Petikan surat resmi dari kementerian agama Tentan Simpatika 2019/2020

dan berikut admin sampaikan secara lengkap isi dari surat dengan nomor B-801/Kk.13.14.2/PP.00/07/2019 perihal tentang Pengelolaan Simpatika Semester Ganjil Tahun 2019/2020.
Bagi yang ingin memiliki salinan dokumen pdfnya klik disini.

  1. GTK madrasah mulai mengimplementasikan dengan penyesuaian, kebijakan linieritas guru bersertifikat pendidik untuk mata pelajaran umum sesuai Permendikbud nomor 16 tahun 2019. Perubahan linieritas guru bersertifikat berlaku mulai semester ganjil tahun ajaran 2019/2020; 
  2. Berkaitan dengan poin 1 tersebut GTK madrasah melalui SIMPATIKA akan melakukan pemetaan ijazah S1/D4 seluruh guru madrasah baik yang sudah bersertifikat maupun belum; 
  3. GTK madrasah akan melakukan penataan bagi guru madrasah yang belum memiliki kualifikasi S1/D4;
  4. Guru madrasah baik yang bersertifikat pendidik maupun belum wajib mengisi jadwal mingguan di SIMPATIKA 
  5. Mulai diberlakukannya kewajiban melaporkan penggantian hari di SIMPATIKA bagi guru bersertifikat pendidik yang tidak hadir (alpha atau sakit) sesuai petunjuk teknis Tunjangan Profesi Guru tahun 2019
  6. Kewajiban registrasi atau perubahan data SIMPATIKA bagi guru madrasah berstatus CPNS 2019
  7. Pembukaan secara terbatas perubahan TMT guru di SIMPATIKA 
Di samping ketentuan di atas, disampaikan juga beberapa informasi terkait pengelolaan SIMPATIKA sebagai berikut:
  1. Kepala madrasah secara otomatis memiliki hak akses sebagai admin madrasah di SIMPATIKA sehingga wajib melakukan kontrol terhadap proses transaksi yang berada pada level madrasah. Dalam keadaan tertentu kepala madrasah dapat mendelegasikan hak aksesnya kepada PTK lain untuk mendapatkan peran sebagai admin madrasah, namun tanggung jawab proses transaksi tetap berada pada Kepala Madrasah.
  2. Absensi bulan Juli agar diisi paling lambat tgl. 31 Juli sehingga jika masih ada guru yang belum mengisi absensi dengan benar bisa direview sampai tanggal 6 Agustus, demikian juga untuk bulan-bulan selanjutnya.
  3. Mohon diperhatikan bahwa dispensasi absensi guru di SIMPATIKA untuk tahun 2019 sudah tidak ada lagi sehingga jika ada guru yang tidak terisikan absensinya di SIMPATIKA hingga batas waktu yang ditentukan, maka tidak dapat diedit lagi. Konsekuensi dari kelalaian mengisi absensi adalah tidak terbitnya SKAKPT pada bulan terkait;
  4. Untuk transaksi verval keaktifan (S25), penjadwalan, edit biodata, mutasi masuk dan keluar (SM01 & SM02), pengangkatan kepala madrasah, dapat diproses mulai tanggal 1 Agustus 2019.
  5. Terkait absensi guru mutasi ataupun kepala madrasah, yang baru diproses mulai tanggal 1 Agustus 2019 padahal sudah bertugas mulai bulan Juli 2019, maka agar mutasi segera diproses di awal bl. Agustus dan absensi di satminkal baru segera diisi maksimal tgl. 6 Agustus 2019 sehingga SKAKPT bisa diterbitkan. Jika melebihi tgl. 6 Ags maka absensi sudah tidak bisa diedit dan SKAKPT bl Juli tidak bisa diterbitkan. 
  6. Masing-masing guru agar memeriksa biodata pada SIMPATIKA mulai dari alamat rumah, no. HP, email, riwayat kepangkatan/golongan bagi PNS, kualifikasi pendidikan sesuai dengan Ijazah legal yang dimiliki, dan data pokok lainnya. PTK dengan kualifikasi pendidikan belum S1/D4 agar tidak difungsikan sebagai guru, jika di SIMPATIKA saat ini difungsikan sebagai guru agar segera dilakukan alih fungsi. 
Nah banyak sekali poin-poin yang disampaikan surat tersebut diatas silahkan digunakan sebagai pedoman dan dipelajari untu mempersiapka verval Simpatika tahun pelajaran 2019/2020. Selamat bertugas dan berjuang salam operator madrasah hebat dan kuat.

1 komentar so far

Terimakasih, infonya..
Jangan lupa mampir kesini http://bit.ly/2JNya8h


EmoticonEmoticon