Senin, 22 Juli 2019

Simpatika 2020 Akan Segera Rilis Simak Hal-Hal Penting Berikut

Tahun pelajaran 2019-2020 telah dimulai, begitu juga dengan semua sistem informasi diseluruh lingkungan pendidikan dibawah naungan kementerian agama. Simpatika sebagai pusat data Guru, Tenaga Kependidikan, Kepala Madrasah dan Siswa juga akan segera membuka kembali sistem untuk Tahun pelajaran 2019-2020. Simpatika 2020 akan segera dirilis sesuai dengan informasi yang telah diterbitkan melalui surat edaran dari dirjen pendidikan islam (Pendis) Nomor B-2153/Dt.I.II/PP.02/07/2019 perihal tentang Pengelolaan Simpatika Semester 1 Tahun Ajaran 2019/2020. Untuk surat resminya silahkan anda unduh dan lihat disini

Simpatika Masih Vakum Operator Bisa Istirahat

Pasca liburan kemaren memang Simpatika seperti vacum, operator bisa sedikit beristirahat. namun hal itu bukanlah berarti apa-apa. Simpatika masih akan terus berlanjut ke semester ganjil 2019/2020. Dalam surat tersebut dirjen pendis mengintruksikan untuk memperhatika beberapa poin penting seperti linieritas guru sesuai dengan sertifikat pendidik,  pemetaan ijazah S1 seluruh guru oleh GTK.
Selain itu fokus absensi juga tidak kalah penting karena kemungkinan kedepanya simpatika sudah tidak memberi lagi toleransi untuk keterlambatan dalam pengisian absensi.


Simpatika 2020 Akan Segera Rilis Simak Hal-Hal Penting Berikut

Cek Update Portofolio Simpatika Secara Berkala

Bagi guru yang memiliki perubahan data seperti perubahan Pangkat Golongan bagi PNS, perubahan Biodata, Perubahan Riwayat Pendidikan dan lain-lain wajib diupdate disimpatika. Hal ini dilakukan agar portofolio PTK di simpatika bisa terupdate sesuai dengan realita yang ada.

Untuk perubahan/edit TMT masa kerja, Simpatika akan melakukan pembatasan serta memperketat sistem untuk perubahan TMT disimpatika. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya data-data TMT yang dirubah tidak sesuai dengan realita dan SK yang dimiliki.

Simpatika 2020 Akan Segera Rilis

Dan berikut Petikan surat dari dirjen pendis terkait simpatika 2020 yang akan segera dirilis :
  1. GTK Madrasah akan mulai mengimplementasikan dengan penyesuaian, kebijakan linieriatas guru bersertifikat pendidik untuk mata pelajaran uum sesuai permendikbud Nomor 16 Tahun 2019. Perubahan Guru bersertifikat akan berlaku mulai semester 1 tahun pelajaran 2019-2020.
  2. Berkenaan dengan poin 1 tersebut GTK madrasah melalui Simpatika akan melakukan pemetaan ijazah S1/D4 seluruh guru madrasah baik yang bersertifikat maupun belum;
  3. GTK Madrasah akan melakukan penataan bagi guru madrasah yang belum memiliki kualifikasi S1/D4;
  4. Guru Madrasah baik yang bersertifikat maupun belum wajib mengisi jadwal Mingguan disimpatika 2020.
  5. Mulai diberlakukanya kewajiban melaporkan pengganitan hari di simpatika bagi guru bersertifikat yang tidak hadir sesuai petunjuk teknis  Tunjangan Profesi Tahun 2019.
  6. Kewajiban registrasi atau perubahan data di SIMPATIKA bagi guru madrasah berstatus CPNS 2019;
  7. Pembukaan secara terbatas perubahan TMT Guru di SIMPATIKA.
Dari penjelasan penuh surat pemberitahuan tentang simpatika diatas ada beberapa hal yang perlu digaris bawahi dan penting untuk mendapat perhatian yaitu poin nomor 2 mengenai pemetaan Ijazah. Disini kemungkinan sistem disimpatika akan langsung melakukan pemetaan terhadap GTK sesuai dengan linieritas ijazah. Tidak hanya itu kemungkinan bagi guru yang belum berijazah S1 namun sudah berstatus Guru di Simpatika maka otomatis akan di cut dan dipindah statusnya menjadi Tenaga Kependidikan di Madrasah tempat dia bernaung.

Perhatikan Baik-baik Terkait Jadwal Mingguan di Simpatika

Pastikan Jadwal Mingguan di Simpatika sudah terisi dengan benar sesuai dengan realita. Sesuai dengan Poin 4 diatas bahwa yang masuk dijadwal mingguan simpatika adalah semua pendidik baik yang sudah bersertifikasi maupun belum sertifikasi.

Kroscek Sebelum Melakukan Verval S25.

Tidak bosan-bosan admin mengingatkan bahwa sebelum melakukan verval mulai S25, SKMT, SKBK harap pastikan bahwa data yang terinput sudah benar. Karena Simpatika telah memberlakukan penjadwalan untuk melakukan Verval. Baik verval S25, SKMT, maupun SKBK. Pastikan sebelum tanggal 6 semua sudah beres dan terverval. Karena ada informasi bahwa simpatika akan menerbitkan SKAKPT pada tanggal 1 tiap bulanya secara rutin.


EmoticonEmoticon