Jumat, 02 Februari 2018

Cara Upload BIO UN Online 2018 File EZ

Tags

Cara Upload BIO UN Online 2018 File EZ - BIO UN Online kini sudah suport upload file dari emis. File emis yang bisa diupload kedalam BIO UN Online adalah database file yang berekstensi .ez .
Mulai 2018 ini pendataan BIO UN Ofline memang sudah tidak ada lagi. Semua sudah menggunakan sistem online. Jika sekolah dibawah naungan kemendikbud menggunakan dapodik, maka madrasah dibawah naungan kemntrian agama menggunakan EMIS. Emis memang merupakan pusat data dari seluruh lembaga madrasah yang ada di indonesia.

Cara Upload file bio un online ini sangatlah mudah asalkan anda sudah menyelesaikan EMIS CapesUN. Bagaimana cara mengerjakan EMIS CapesUN silahkan baca artikel sebelumnya disini :

Tutorial EMIS CapesUN
Cara Upload BIO UN Online 2018 File EZ :
Langkah pertama download dulu file database yang berekstensi .ez .
file .ez didownload dari emis online yaitu dari menu capesun. Sebelum mendownload file .ez pastikan semua data siswa sudah benar dan sesuai dengan dokumen identitas yang dimiliki.

Setelah file database e.z didownload langkah Cara Upload BIO UN Online 2018 File EZ selanjtnya adalah buka halaman situs https://biounsdmi.kemdikbud.go.id/bioun18/ .
Silahkan login menggunakan user dan password anda.

Klik menu "Upload Dari Dapodik/Emis"

Cara Upload BIO UN Online 2018 File EZ

Muncul Jendela POP UP, silahkan klik "Tambah +" kemudian pilih file yang database berekstensi .ez yang sudah anda download dari emis capesun.

Cara Upload BIO UN Online 2018 File EZ

Klik butto Upload.

Cara Upload BIO UN Online 2018 File EZ

Tunggu sampai proses Upload selesai.
Jika terjadi error maka lihat erornya lalu perbaiki di emis capesun, kemudian upload ulang seperti langkah diatas.

Setelah semua fixed, dan upload selesai cek data siswa anda di menu "Siswa". Pastikan jumlahnya benar, jika kurang berati ada siswa yang belum terupload kemungkinan adanya error yang mengakibatkan data siswa tidak masuk ke sistem BIO UN Onlien.

Catatan :
  1. BIO UN Online bisa tutup sewaktu-waktu jadi selama masih dibuka segera kerjakan kemudian upload ke BIO UN Online, Cara Upload BIO UN Online 2018 File EZ sudah saya jelaskan. diatas.
  2. Pada BIO UN Online user tidak diijinka menrubah data siswa, jika terjadi kesalahan maka harus dipebenahi/edit dulu di emis capesun kemudian download ulang file ez lalu upload lagi di bio un online.
  3. Biarkan nama file database ez susuai strukturnya yaitu NPSN dan nama madrasah, jika dibelakang terdapat tambahan huruf atau angka hapus sampai tersista NPSN dan nama madrasah anda.
  4. Jika terjadi kendala atau kurang cukup jelas silahkan bertanya via komentar.
Demikian tutorial singkat  Cara Upload BIO UN Online 2018 File EZ semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon