Senin, 05 September 2016

Verval PD Kemenag Jilid 2

Verval PD Kemenag Jilid 2 - Selamat malam rekan operator madrasah, lama sekali admin tidak update info mengenai verval pd ini. Verval PD Kemenag merupakan vervifikasi dan validasi yang berkaitan dengan data NISN siswa. Verval PD Kemenag kini telah memasuki jilid 2 jika anda ingat satu tahun kemaren anda telah memverval data di menu residu kemudian akan masuk ke menu referensi. Setelah data masuk di menu referensi maka peserta didik akan mendapat NISN secara otomatis.

Verval PD Kemenag Jilid 2

Apa gunanya Vervalpdkemenag ini ?
Pertanyaan yang cerdas.. hehe. Vervalpd kemenag ini digunakan untuk memvalidasi peserta didik agar mendapat nomor unik yang dinamakan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional). Dengan adanya vervalpd kemenag akan semakin akuratnya sistem dalam memberikan penomoran NISN Kepada seluruh siswa seindonesia. Banyaknya data yang ada di vervalpd kemenag memungkinkan adanya duplikasi data misal Nama yang sama, tanggal lahir yang sama antara siswa satu dengan siswa lain. Hal ini dimungkinkan karena data yang masuk di vervalpd kemenag merupakan data siswa madrasah seluruh indonesia. Jadi harus ada verval pd untuk menghindari hal-hal tersebut.

Verval PD jilid 2 ini sama seperti tahun lalu hanya saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya ketika anda hendak melakukan Match data meskipun anda telah menemukan siswa anda, anda masih harus mencocokan NISN siswa tersebut melalui nisn.data.kemdikbud.go.id khusus siswa kelas 3 sampai dengan kelas 6.

Masih Bingung ? simak penjelasan berikut.
karena mereka siswa kelas 3 sd kelas 6 mereka dulu sudah pernah masuk di vervalpd artinya anda sudah memverval siswa tersebut satu tahun yang lalu itu artinya anak tersebut sudah memiliki NISN. berhubung nama siswa kelas 3 sd 6 tahun ini masuk lagi di menu residu maka secara aturan sistem anda harus memverval lagi dengan melakukan MTACH data. Saat melakukan Match sebaiknya di lihat apakah NISN siswa tersebut sudah ada di nisn.data.kemdikbud.go.id jika ada maka langsung di match saja. Insya Allah data NISN siswa tersebut tetap satu.

Jika NISN di residu setelah dicek di nisn.data.kemdikbud.go.id tidak cocok maka jangan di match. Kemungkinan data tersebut milik siswa dari wilayah lain entah dari mana. Jika data di residu ketika di klik tidak muncul sampai pencarian terakhir tidak muncul dan siswa tersebut sudah memiliki NISN dengan nama, tempat tanggal lahir, nama ibu kandung yang sama persis maka dibiarkan saja dulu jangan di match atau unmatch, kita tunggu saja info selanjutnya.

Proses Vervalpdkemenag jilid 2 ini memang harus lebih membutuhkan ketelitian, kejelian, dan kesabaran yang tinggi demi keakuratan data sehingga tidak menimbulkan berbagai masalah dikemudian hari. Untuk tutorial vervalpdkemenag akan admin publikasikan pada postingan selanjutnya.

1 komentar so far

jujur saya baru tahu tentang hal ini melalui blog ini. sangat informatif :)


EmoticonEmoticon