Sabtu, 16 April 2016

Alokasi Jam Mengajar (JTM) Terbaru di Simpatika

Alokasi Jam Mengajar (JTM) Terbaru di Simpatika - Program updating data simpatika semakin menjelang masa-masa berakhir untuk semester genap tahun ajaran 2015/2016. Bagi anda yang belum melakukan updating data khususnya keaktifan diri maupun kolektif (S25) sebaiknya segera selesaikan sebelum waktunya benar-benar habis.
Kemarin saya telah bagikan alokasi jam (JTM) di simpatika yang sesuai dengan KMA 207. Namun disitu anda harus merinci lagi untuk mata pelajaran kelas bawah khususnya kelas 1,2 dan 3. ditempat saya awalnya setelah memahami alokasi jam mengajar (JTM) sesuai KMA 207 kami tidak mencantumkan mata pelajaran ipa dan ips di kelas bawah. apakah ditempat anda juga hal demikian ?
Namun kali ini admin mendapat update rincian alokasi jam mengajar (JTM) terbaru yang setelah saya masukan ke jadwal pelajaran mingguan di program simpatika ternyata bisa masuk dan fix.
Alokasi Jam Mengajar (JTM) Terbaru di Simpatika ini terdapat mata pelajaran ipa dan ips di kelas bawah yaitu masing-masing selama 2 JTM.

Alokasi Jam Mengajar (JTM) Terbaru di Simpatika
Dengan demikian mata pelajaran kelas bawah kembali lengkap dengan adanya mata pelajaran IPA dan IPS. Jika mengacu pada kurikulum seharusnya memang kelas bawah belum terdapat mata pelajaran IPA dan IPS. Namun tidak ada salahnya jika kita mengajarkan sejak dini mengenai ilmu alam dan sosial kepada anak-anak.
Untuk alokasi jam mengajar yang saya bagikan kali ini mata pelajaran yang benar-benar dihapus adalah mata pelajaran bahasa inggris. Tidak ada mata pelajaran bahasa inggris baik kelas atas maupun kelas bawah. lebih aneh lagi mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan diberikan 4 JTM untuk kelas atas yaitu kelas 4,5,6.
Hal ini menunjukan bahwa seni, budaya, kreativitas sangatlah penting ditanamkan dan diasah untuk anak usia madrasah ibtidaiyah agar memiliki daya cipta yang tinggi kelak.
dengan demikian setelah selesai menuntut ilmu anak memiliki bekal keterampilan skils khusus agar mampu menciptakan lahan wirausaha sendiri tanpa bergantung bekerja di perusahaan, dan instansi-instansi yang ada.
Jumlah total Alokasi Jam Mengajar (JTM) Terbaru di Simpatika untuk kelas 1 dan 2 adalah 30 JTM.
Untuk kelas 3 sebanyak 32 JTM. dan Jumlah total Alokasi Jam Mengajar (JTM) Terbaru di Simpatika untuk kelas 4,5,6 adalah sebanyak 39 JTM.
Untuk lebih jelasnya silahkan lihat tabel Alokasi Jam Mengajar (JTM) Terbaru di Simpatika berikut :
 
KOMPONEN Alokasi KMA 207
I-II III IV-VI
A Mata Pelajaran
1 Pendidikan Agama Islam
a. Al-Qur'An Hadits 2 2 2
b. Akidah Akhlak 2 2 2
c. Fikih 2 2 2
d. Sejarah Kebudayaan Islam 2 2
2 Pendidikan Kewarganegaraan 2 2 2
3 Bahasa Indonesia 4 4 5
4 Bahasa Arab 2 2 2
5 Matematika 4 4 5
6 Ilmu Pengetahuan Alam 2 2 4
7 Ilmu Pengetahuan Sosial 2 2 3
8 Seni Budaya dan Keterampilan 2 2 4
9 Pendidikan Jasmani dan Olahraga 4 4 4
B Muatan Lokal 2 2 2
C Pengembangan Diri - - -
Jumlah Alokasi Jam 30 32 39

Tabel diatas bisa anda gunakan sebagai acuan untuk mengisi jadwal mingguan di program simpatika. Insya Allah jika anda mengikuti panduan diatas jadwal mingguan di simpatika anda bisa fixed dan anda semua bisa segera mencetak s25.
Alokasi Jam Mengajar (JTM) Terbaru di Simpatika sudah admin bagikan kepada semua, nantikan update informasi dari blog ini agar anda tidak ketinggalan berita. Jika anda suka dengan artikel silahkan beritau teman-teman anda dengan mengklik bagikan dibawah ini atau jika anda memiliki pertanyaan tentang apapun bisa anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah postingan ini.

6 komentar

Untuk DKI Jakarta JTM pada simpatika jangan dibatasi dengan KMA 207 tersebut, karena tidak menjawabi kebutuhan di lapangan. Kami perlu tambahan untuk mulok: PLBJ 2 jam, Bahasa Inggris 2 jam, Bimbingan Qur'an 2 jam, Hafalan Qur'an 4 jam. Mohon perbaikannya.

Yups,, benar sekali, jika mengacu KMA diatas memang sangat kurang sekali. Ada baiknya menambah sendiri mulok demi memenuhi kebutuhan. jadi keputusan lembaga anda sudah tepat.

Bagaimana cara mengubah jumlah JTM pada aplikasi simpatika tersebut. Mohon Pencerahan

Materi yang ada di Blog ini sangat bagus dan sangat membantu sekali...mohon izin download yah...

Trus untuk memenuhi jumlh jtm 24 jm gmn tu mas


EmoticonEmoticon