Senin, 06 Februari 2017

UNBK 2017 : Tutorial Instalasi Virtual Box Lengkap

Tags

UNBK 2017 : Tutorial Instalasi Virtual Box Lengkap - Sahabat operator, adakah dari rekan-rekan operator yang madrasah/sekolahnya mendapat mandat untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK 2017 ? jika ada pastilah rekan operator juga sedang sibuk mempersiapkan sarana dan prasarana untuk melaksanakan UNBK 2017. salah satu yang harus dibuat/dipersiapkan sebelum pelaksanaan UNBK adalah membangun sebuah server UNBK. Seperti yang kita ketahui bahwa UNBK 2017 dilaksanakan secara berbasis Online dan Semi Onlin. Maka dari itu kita membutuhkan server lokal agar bisa menjalankan aplikasi UNBK ke setiap komputer client. Untuk membuat server kita juga membutuhkan Sistem Operasi (OS) khusus yaitu windows Server atau Linux. Kenapa harus windows server ? untuk urusan manajemen server memang windows server jauh lebih unggul dan stabil serta mudah dalam penggunaanya dibanding OS lain. Namun kita tidak perlu menginstal windows server secara nyata kedalam hardisk anda. Windows server ini nantinya akan kita instal pada partisi virtual. Nah disinilah gunanya virtual box. Yaitu untuk menjalankan OS secara virtual dan bisa berjalan bersamaan dengan OS lain tanpa harus BOT ulang.

Instalasi Virtual BOX ini biasanya adalah tugas seorang proktor, siapa itu proktor ? silahkan baca info sebelumnya disini.
Sebelum memulai Tutorial Instalasi Virtual Box Lengkap alngkah baiknya anda perhatikan dan persiapkan hal-hal penting berikut ini :

Spesifikasi hardware minimal server lokal yang harus disediakan untuk UNBK adalah sebagai berikut:

  1. OS : 64 bit dengan Windows 7 / Windows server 8 / Linux. 
  2. Processor : 4 core dengan frekuensi 1.6 GHz 
  3. RAM : minimal 8 GB 
  4. Networking : LAN card 2 buah. 
  5. Jenis : PC/Tower/Desktop dan bukan Laptop 
  6. Port : 80 bisa di akses iis 
  7. Cadangan : Minimal 1 server (spek setara)
Setelah semua persiapan diatas lengkap maka selanjutnya silahkan anda download dulu virtual box : disini
langsung saja menuju Tutorial Instalasi Virtual Box Lengkap :
  1. Instalasi VirtualBox dapat menggunakan file instalasi (offline) atau secara online. Instalasi online hanya dapat dilakukan untuk host Linux. Untuk sistem operasi Windows (32 bit atau 64 bit), download file aplikasi VirtualBox di bagian VirtualBox for Windows hosts. Selanjutnya klik dua kali pada file aplikasi VirtualBox yang telah didownload tersebut.
  2. Selanjutnyamuncul layar selamat datang dalam proses instalasi VirtualBox. Klik tombol Next untuk proses selanjutnya.
  3. Di bagian ini, kita dapat menentukan fitur apa yang akan diinstall atau tidak, mulai dari dukungan terhadap USB, jaringan, sampai script Phyton untuk VirtualBox API. Di bagian ini kita juga dapat menentukan lokasi folder VirtualBox akan diinstall. Biarkan seluruh pengaturan folder dan fitur aplikasi yang akan diinstall. Klik tombol Next untuk proses selanjutnya.
  4. Di bagian ini, kita dapat menentukan apakah cara akses VirtualBox secara cepat (shortcut) akan diinstall pada bagian desktop dan Quick Launch Bar. Aktifkan Register file associations agar file dengan ekstensi terkait VirtualBox dikenal oleh sistem operasi. Klik tombol Next untuk proses selanjutnya.
  5. Selanjutnya muncul pemberitahuan, bahwa dalam proses instalasi, interface atau kartu jaringan yang ada pada komputer akan dinonaktifkan untuk sementara waktu, namun akan diaktifkan kembali secara otomatis, dengan tambahan kartu jaringan virtual bawaan dari VirtualBox. Klik tombol Yes untuk melanjutkan proses instalasi.
  6. VirtualBox sudah memiliki informasi yang diperlukan dan siap untuk diinstall. Klik tombol Install untuk memulai proses instalasi VirtualBox.
  7. Pada Windows 7 atau Windows 8, akan muncul layar pop-up User Account Control yang meminta konfirmasi apakah kita akan menginstall aplikasi VirtualBox ke dalam komputer. Klik tombol Yes untuk memulai proses instalasi.
  8. Proses instalasi dan penyalinan file aplikasi VirtualBox sedang dilakukan.
  9. Apabila dalam proses instalasi muncul pertanyaan terkait keamanan sistem, tandai kotak konfirmasi Always trust software from "Oracle Corporation" dengan memberikan tanda centang (v) kemudian tekan tombol Install. Jika yang ditekan adalah tombol Dont Install maka proses instalasi akan dihentikan. Dan apabila kotak konfirmasi Always trust software from "Oracle Corporation" tidak diaktifkan, maka pertanyaan terkait keamanan akan muncul beberapa kali dan kita harus menekan tombol Install untuk menyelesaikan proses instalasi VirtualBox.
  10. Layar selanjutnya menginformasikan bahwa instalasi VirtualBox sudah selesai dilakukan. Klik tombol Finish untuk keluar dari proses instalasi dan menjalankan aplikasi VirtualBox.
  11. Tampilan ruangan aplikasi VirtualBox yang baru diinstall.
Turorial Pembuatan Mesin Virtual UNBK 2017
Mesin virtual inilah yang nantinya akan berisi OS Windows Server 2012. Untuk cara pembuatan silahkan kuti step-by step dibawah ini :
  1. Setting waktu server sesuai dengan waktu yang seharusnya. Contoh jika saat ini waktu adalah pukul 08.00 WIB tanggal 18 Januari 2016, maka pilih regional, GMT +7, dan waktu harus menunjukkan waktu pukul 08.00 WIB tanggal 18 Januari 2017. Hal ini agar tidak mengacaukan waktu yang ada di VM. 
  2.  Jalankan aplikasi VirtualBox untuk memulai pembuatan mesin virtual baru.
  3. Tekan tombol "New" atau pilih menu Machine, kemudian item New untuk membuat guest machine baru. Shortcut Ctrl-N (tekan tombol fungsi kontrol bersamaan dengan menekan huruf N pada keyboard) juga dapat digunakan untuk pembuatan mesin virtual baru.
  4. Selanjutnya muncul jendela pop-up Create Virtual Machine, yang berguna untuk label dan jenis serta versi sistem operasi guest (windows 2012 (64 bit)yang akan diinstall seperti pada gambar di bawah ini: 
  5. Pada isian Name, tulis nama sistem operasi guest yang akan diinstall, untuk UNBK, kolom Name diisi dengan format: [nama sekolah]_Server[Nomor Server]. Pada kolom Type diisi dengan jenis operating system (OS) virtual machine, untuk UNBK menggunakan OS Microsoft Windows. Pada kolom Version, diisikan versi dari operating system, untuk UNBK menggunakan versi Windows Server 2012,64 bit, karena itu silahkan pilih Windows 2012 R2 (64bit). Jika semua sudah terisi, silahkan tekan tombol Next.
  6. Apabila di kolom version tidak tersedia Windows versi 2012 (64 bit), maka: - Pastikan bahwa Server lokal menggunakan mesin 64 bit. - Jika server lokal sudah menggunakan mesin 64 bit, silahkan aktifkan/enable Virtualization Technology (VTx/VTd). - Untuk mengubah pengaturan Virtualization Technology (VTx/VTd) silahkan masuk BIOS. Detil pengaturan Virtualization Technology (VTx/VTd) tergantung pada jenis BIOS. Tetapi pada kebanyakan BIOS, pengaturan Virtualization Technology (VTx/VTd) ada pada menu “security” dan sub menu “system security”. - Untuk ilustrasi, perhatikan gambar di bawah ini: 
  7. Layar selanjutnya pengaturan jumlah memori yang akan dialokasikan untuk mesin virtual dalam satuan Megabyte. Silahkan lakukan perubahan alokasi memori semaksimal mungkin dengan cara mengambil alokasi memori ¾ dari alokasi memori warna hijau dan jangan sampai mencapai atau memasuki garis warna merah. Isian maksimal ditunjukkan oleh indikator warna hijau atau setengah dari total jumlah memori komputer yang tersedia, agar sistem operasi utama tidak menjadi terganggu. Jika alokasi memory sudah ditentukan, tekan tombol Next.
  8. Bagian selanjutnya adalah pengaturan media penyimpanan (hard disk) yang akan digunakan mesin virtual. Dalam pengaturan hard disk virtual, tersedia 3 pilihan yang dapat digunakan: a. Do not add a virtual hard drive Opsi ini digunakan untuk pengguna tingkat mahir, hard disk virtual akan dibuat dalam pengaturan terpisah setelah pembuatan mesin virtual selesai dilakukan. b. Create a virtual hard drive now Opsi ini digunakan untuk membuat hard disk virtual baru bersamaan dengan pembuatan mesin virtual. c. Use an existing virtual hard drive Gunakan opsi ini untuk memilih hard disk virtual yang sudah ada.
  9. Pilih opsi Use an existing virtual hard drive karena kita akan menggunakan virtual mesin yang sudah tersedia dengan mencari sumber file VM yang ada. Kemudian tekan tombol Create/buat, seperti dibawah ini:
  10. Pada Window Virtual Box akan muncul nama virtual machine yang tadi kita buat.
  11. Untuk masuk ke Windows Server 2012 R2 di virtual machine, cukup sampai pada posisi Lock Screen dan tidak perlu mengetikkan Tombol Ctrl+Alt+Del di Virtual Machine.
  12. Tunggu sekitar ±10 Menit untuk memastikan Service – Service yang ada di dalam Virtual Machine berjalan. 
Demikianlah tadi  UNBK 2017 : Tutorial Instalasi Virtual Box Lengkap. Jika anda mengikuti step by step tutorial diatas saya yakin anda sebagai seorang proktor pasti bisa melakukanya. Saran admin segera selesaikan pekerjaan anda sebagai proktor, jika ada kendala langsung saja bertanya, jangan malu. anda bisa kirim pertanyaan melalui kotak komentar ataupun via facebook forumoperator.


EmoticonEmoticon