Jumat, 30 November 2018

Emis Manajemen Ujian Nasional (UN)

Tags

Emis Manajemen Ujian Nasional (UN) merupakan aplikasi yang digunakan untuk melakukan pendataan peserta Ujian Nasional dilingkungan kementrian agama. Melalui dirjen pendis akhirnya dirilislah aplikasi emis manajemen UN ini. Aplikasi dirilis setelah melihat betapa situs emis sangat susah diakses, sehingga mengharuskan para pengelola aplikasi memecah aplikasi tersebut menjadi sub-sub dengan lingkup yang lebih kecil untuk memaksimalkan penggunaan server.

Latar Belakang Dirilisnya Aplikasi  Emis Manajemen Ujian Nasional

  1. Menunjang Aplikasi Pendataan EMIS Memfasilitasi Madrasah mendaftarkan Siswa yang
  2. terdapat dalam database EMIS dalam Ujian Nasional 
  3. Memfokuskan Madrasah dalam mengerjakan dan menyesaikan CAPESUN
  4. Mendownload/unduh File .ez yang diserahkan ke Dinas Pendidikan.
Sumber data siswa yang masuk dalam emis manajemen ujian nasional adalah dari Data Referensi Siswa EMIS dan data inputan yang sudah terekam dalam database EMIS.

Prosedur Pengerjaan
  1. Untuk dapat mengakses aplikasi, dapat masuk kedalam laman : http://emispendis.kemenag.go.id/ 
  2. Login dengan menggunakan akun e-monitor (sdm/pendataan tenaga pendata EMIS) 
  3. Isi Informasi terkait administrasi persuratan. 
  4. Mengunduh template 
  5. Melengkapi data template 
  6. Unggah/Upload template 
  7. Unduh/download .ez 
  8. Unduh/download Berita Acara 
 Untuk melakukan login silahkan menggunakan user dan password yang sama dengan aplikasi pendataan emis madrasah atau yang sudah teregister dalam e-monitor.
  Emis Manajemen Ujian Nasional (UN)

Setelah proses autentifikasi berhasil, akan terlihat beranda seperti gambar diatas. bagian kiri terdapat menu Bagian kanan merupakan informasi terait dengan siswa dan pengunduhan file .ez dan berita Acara

Mengisi data administrasi persuratan
Dapat diakses melalui menu bagian kiri. Klik Informasi Dokumen Terdiri dari 3 kelompok Data :
  1. Informasi Kepala Madrasah Melengkapi Nama (ditulis dengan huruf awal kata BESAR selanjutnya huruf kecil), NIP (jika ada) dan Alamat (ditulis dengan huruf awal kata BESAR selanjutnya huruf kecil. Sebaiknya di ketik manual, kalaupun dicopy paste pastikan alamat dalam satu baris. Contoh Jl. Gunung Sahari No. 123 RT.001 RW.002 Kec. Pasar Baru. Kota Jakarta Pusat. DKI Jakarta)
  2. Informasi Panitia UN Melengkapi Nama (ditulis dengan huruf awal kata BESAR selanjutnya huruf kecil), NIP (jika ada) dan Alamat (ditulis dengan huruf awal kata BESAR selanjutnya huruf kecil. Sebaiknya di ketik manual, kalaupun dicopy paste pastikan alamat dalam satu baris. Contoh Jl. Gunung Sahari No. 123 RT.001 RW.002 Kec. Pasar Baru. Kota Jakarta Pusat. DKI Jakarta) 
  3. Informasi Kasi Madrasah/Pendidikan Islam Melengkapi Nama (ditulis dengan huruf awal kata BESAR selanjutnya huruf kecil), NIP (jika ada) 
Mengunduh dan Mendownload Template
Untuk mendapatkan templat, pada bagian kiri klik ‘template’. Template terdiri dari 2 bagian :
1. Template Siswa
Klik template ->  Siswa Kelas Akhir, secara otomatis aplikasi akan memfilter siswa kelas akhir yang akan mengikuti UN. Dilarang mengcopy paste data Siswa. Dikarenakan setiap siswa akan ID Siswa yang berbeda
2. Template Ruang Kelas
Fungsinya template ini, mengambil kode dan nama rombel sebagai referensi pada pengisian data Template Siswa. Klik template -> Ruang Kelas, secara otomatis aplikasi akan menampilkan data ruang kelas / rombel beserta kode rombel. Jika ruang kelas belum lengkap, pengguna dapat menambahkan. Dilarang/hindari menghapus Ruang Kelas/Rombel. Karena akan mempengaruhi data EMIS_MADRASAH Dilarang mengcopy paste data Ruang Kelas. Dikarenakan setiap siswa akan ID Rombel yang berbeda

Isi dan lengkapi template tersebut, baca dahulu petunjuk informasi pengisian, jangan sampai ada kolom yang kosong agar tidak terjadi kendala saat proses upload.

Mengunggah/Upload Template
Untuk melakukan unggah/upload template yang sudah di dilengkapi, dapat masuk kedalam menu template - Siswa.
Pilih file .csv dengan mengklik browse.
Pilih file csv kemudian pilih unggah.
Hasil unggah/upload data template
Masuk ke menu beranda untuk melihat hasil unggahan. File .ez (bion) dapat diunduh jika data siswa CAPESUN sudah masuk. diunduh terlebih dahulu, baru mendownload BA.
 Unduh / Download File .ez
Unduh / Download Berita Acara
Demikianlah langkah-langkah dalam mengerjakan Emis Manajemen Ujian Nasional. Jika ada pertanyaan dan keluhan dalam mengerjakan Emis manajemen un ini silahkan mengirimnya melalui kotak komentar dibawah postingan ini. Selamat bekerja para operator tetap semangat jangan menyerah. Semua akan indah pada waktunya.

2 komentar

assalamualaikum, saya upload tapi loading terus, itu masalah dmn ya. mohon pencerahannya

Walaikumsalam.
Coba cek internetnya. pastikan menggunakan jaringan internet yang kecepatan upload stabil.
atau cobalah upload saat jam malam.


EmoticonEmoticon