Minggu, 23 April 2017

Daftar Rumpun Mapel PAI dan Bahasa Arab

Mata pelajaran PAI merupakan mapel pokok dalam dunia pendidikan Madrasah. Namun semakin banyaknya juga guru yang bersertifikasi PAI kini semakin mempersulit waka kurikulum dalam membagi mapel PAI. Terlebih jika rombel sedikit tapi guru PAI banyak, Maka waka kurikulum harus memutar otak agar para guru bisa mendapat jatah JTM sama rata dan tidak rebutan.

Daftar Rumpun Mapel PAI dan Bahasa Arab ini diterbitkan guna memenuhi JTM guru-guru ang mengampu mapel PAI agar kebutuhan JTM mereka bisa terpenuhi melalui linieritas Daftar Rumpun Mapel PAI dan Bahasa Arab tersebut. Seperti yang kita ketahui mata pelajaran PAI adalah Akidah Akhlak, Al-Qur'An Hadis, Fikih, dan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).

Daftar Rumpun Mapel PAI dan Bahasa Arab

Menindaklanjuti PMA Nomor 165 Tahun 2014 tentang kurikulum 2013 mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab di Madrasah, maka dipandang perlu penjelasan daftar rumpun mata pelajaran yang termasuk dan dapat dikategorikan dalam mata pelajaran PAI dan/ atau Bahasa Arab dimaksud. Daftar tersebut selanjutnya dapat dijadikan dasar penghitungan jumlah jam pelajaran, sekaligus bentuk pengakuan pemerintah terhadap kearifan lokal dalam penggunaan istilah suatu mata pelajaran di daerah tertentu. 

Sebuah langkah bijak yang diambil oleh dirjen pendis dengan menerbitkan  Daftar Rumpun Mapel PAI dan Bahasa Arab ini maka pemerintah telah mengakui keberadaan mata-mata pelajaran yang menjadi ciri khas dari sekolah madrasah.


Daftar Rumpun Mapel PAI dan Bahasa Arab


NO MATA PELAJARAN RUMPUN MATA PELAJARAN
1 AL-RUR'AN HADIS 1. QIRA'AH QUR'AN
2. TAHFIDZ AL-QUR'AN
3. ILMU TAJWID
4. ULUMUL QUR'AN
5. ULUMUT TAFSIR
6. HADIS
7. ULUMUL HADIS / MUSTHALAH HADIS
2 AKIDAH AKHLAK 1. AQIDAH / TAUHID
2. ILMU KALAM
3. AKHLAK
TASAWUF
3 FIKIH 1. FIQIH
2. USHUL FIQIH
3. QAIDAH FIQHIYAH
4. ILMU FARAIDL
4 SKI 1. SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
2. TARIKH
3. SIRAH NABAWIYAH
5 BAHASA ARAB 1. BAHASA ARAB
2. QIRA'ATUL KUTUB
3. IMLA
4. HIWAR
5. KHATH/TAHSINUL KHATH
6. NAHWU
7. SARAF
8. QAIDAH SHARAF/QAIDAH L'AL
9. I'LAL
10.QAIDAH I'RAB
12. ILMU BALAGHAH
13. ILMU BAYAN
14. ILMU MANTIQ
15. ILMU ARUDL

Semoga dengan hadirnya Daftar Rumpun Mapel PAI dan Bahasa Arab diatas bisa menambah JTM pai yang diakui didalam strukur kurikulum sehingga anda sebagai mapel PAI tidak kebingungan lagi saat pemberkasan sertifikasi hehee. Silahkan download surat resminya dari dirjen pendis terkait Daftar Rumpun Mapel PAI dan Bahasa Arab dibawah ini.


EmoticonEmoticon