Minggu, 09 April 2017

Aplikasi Pendataan Raport Telah Diujicoba Ditjen Pendis

Ditjen Pendis Bagian Perencana dan Pengembangan Sistem informasi kembali akan membuat terobosan dalam hal pengelolaan data pendidikan khusus pendidikan madrasah. Baru-baru ini tersiar kabar bahwa akan hadirnya Aplikasi pendataan nilai raport. Aplikasi Pendataan Nilai Raport siswa madrasah merupakan salah satu bentuk implementasi dukungan terhadap salah satu program "Triple Quick Wins". Pendataan nilai raport, lanjut Mizan, merupakan salah satu indikator penting yang terkait langsung dengan perkembangan prestasi siswa secara akademik. Di samping itu, dengan mulai memasukkan atribut data terkait nilai raport siswa diharapkan akan mempercepat reformasi pelaksanaan updating data EMIS dengan mengikuti perkembangan kekinian.

Aplikasi pendataan nilai raport dirancang khusus untuk mengelola dan menyimpan data nilai raport siswa madrasah diseluruh indonesia yang nantinya data tersebut akan digunakan dalam berbagai hal, seperti untuk Penerimaan Siswa Baru, Mengelola Nilai Ijazah, Melamar Pekerjaan di instansi pemerintahan dan masih banyak lagi lainya. Dengan adanya aplikasi tersebut maka akan meminimalisir penyalahgunaan raport yang dipegang oleh siswa madrasah seperti merubah isi/nilai yang sudah tercantum di raport. Jika sudah terekam ke dalam database Aplikasi Pendataan Raport maka siapapun tidak akan bisa merubah/mengedit nilai tersebut kecuali yang diberikan Hak Akses.

Aplikasi Pendataan Raport Telah Diujicoba Ditjen Pendis

 Aplikasi Pendataan Nilai Raport ini memang layak kita nantikan, sebagai operator tentunya tugas kita akan bertambah, karena jika melihat dari segi penggunaan maka yang akan mengoperasikan nantinya tetaplah operator madrasah. Operator Madrasah Tugasnya sudah semakin banyak bahkan terlampau banyak maka dari itu pemerintah juga perlu memperhatikan nasib operator madrasah bahkan kalau perlu pemerintah menerbitkan peraturan khusus yang mengatur tenaga operator.

Baca :

Aplikasi Pendataan Raport ini Telah Diujicoba Ditjen Pendis. Aplikasi pendataan raport yang baru dikembangkan pada tahun 2017 ini, lanjut Isom, merupakan hasil inovasi yang diharapkan dapat memudahkan, mempercepat serta bisa mempertanggungjawabkan kerja para stakeholder pendidikan; para guru dan tenaga kependidikan. "Aplikasi ini dibuat agar madrasah dapat menjaga akuntabilitasnya sebagai lembaga pendidikan Islam yang bermutu," kata guru besar dari IAIN Ternate ini. Salah satu pertimbangan adanya aplikasi pendataan raport tersebut kata Isom, adalah dalam rangka persiapan agar ujian madrasah berjalan lancar. "Salah satu pertimbangannya adalah mempersiapkan data nilai raport siswa kelas 6, 9 dan 12 serta nilai ujian madrasah/sekolah tulis dan praktek sebagai pertimbangan kelulusan," kata Sesditjen Pendis.

Semoga dengan hadirnya Aplikasi Pendataan Rapot Untuk Siswa Madrasah ini akan semakin menguatkan pengelolaan data yang benar-benar terpusat.
Sekian info dari forum operator jangan lupa Share, like, dan komen.


EmoticonEmoticon