Sabtu, 11 Maret 2017

Itjen Siapkan Solusi Percepat Pencairan Tunjangan TPG

Itjen Siapkan Solusi Percepat Pencairan Tunjangan TPG - Pencairan Tunjangan TPG memang masih menjadi problem dilingkungan Pendidikan dibawah naungan kementerian agama. Banyak sekali anggaran TPG yang masih belum tersalurkan kepada mereka para guru yang seharusnya menerima tunjangan tersebut. Banyak sekali problem yang menyebabkan lambatnya penyaluran tunjangan TPG ini. Salah satu di antaranya adalah status guru, dan kendala prosedural yang bersumber dari sistem internal.

Dikutip dari situs http://itjen.kemenag.go.id bahwa permasalahn mengenai lambatnya penyaluran/pencairan tunjangan profesi guru ini sudah menjadi isu nasional. bahkan anggota Dewan yang Terhormat pun sudah memanggil instansi terkait, salah satunya Kementerian Agama untuk melakukan klarifikasi sekaligus memberikan langkah solutif guna menyelesaikan permasalahan ini.

Angka tunggakan pembayaran tunjangan profesi guru yang berada di bawah Kemenag sangat fantastis yaitu mencapai  1,2 Triliun lebih. Namun hal ini bukan tanpa sebab jelas. Banyak ditemukan kendala-kendala di lapangan, hingga menyulitkan prosesi penyelesaian pembayaran.
Itjen Siapkan Solusi Percepat Pencairan Tunjangan TPG

Dikatakan oleh Direktur Pendidikan Agama Islam (PAI), Imam Syafe’i saat menghadiri koordinasi di Inspektorat Jenderal Kemenag dalam rangka pembekalan tim verifikasi dan validasi (verval) tunggakan TPG (9/3/2017), bahwa ada beberapa kendala terutama di daerah yang menghambat proses pencairan. Salah satu di antaranya adalah status guru, dan kendala prosedural yang bersumber dari sistem internal.
Di provinsi-provinsi ditemukan kasus salah satunya, guru-guru itu banyak diangkat ketika menjelang Pilkada. Di angkat di madrasah kita, ikut sertifikasinya di madrasah, kemudian ganti priode (pemimpin), guru tersebut dipindahkan ke sekolah umum, berarti sertifikasinya sudah tidak berlaku lagi,” Jelas Imam.

Dikatakan lagi oleh direktur PAI bahwa kendala juga terdapat dalam pelaksanaan PLPG yang selalu di akhir tahun. Imam menuturkan bahwa hal ini disebabkan oleh masalah perizinan pelaksanaan PLPG yang harus disetujui oleh Kemenristek. Di Kemenristek ini pun agak lambat prosesnya. “Lambatnya proses ini (di Kemenristek) disebabkan karena masih proses transisi pejabat strukturalnya. Kalau di Diknas selesai PLPG langsung mendapatkan sertifikasinya, kalau di kita tidak,” ujarnya menjelaskan.  


Terakhir, Imam berharap agar tim verval nantinya bisa membantu menuntaskan permasalahan tunggakan pambayaran TPG ini agar lebih cepat. Hal-hal yang perlu "menjadi perhatian lebih" menurut Imam ialah, keaslian dari dokumen persyaratan dan tanggal ditetapkannya dokumen tersebut. “Saya Berharap Tim dari Itjen Agar Bekerja Sesuai Aturan, namun Juga Punya Keinginan untuk Membantu (para guru),” harapnya. Tim verval Itjen rencananya akan diterjunkan mulai pekan depan, pertim masing-masing memiliki 10 hari tertera dalam surat tugas.  

Verval TPG ? admin akan jelaskan maksud berita diatas. 
Masih ingatkah anda dengan verval NRG di simpatika ? tentunya masih ingat ya, karena ini adalah salah satu sistem simpatika untuk melakukan verval NRG yang kemudian setelah di aprove oleh kanwil maka secara otomatis anda akan mendapat Nomor NRG baru yang tersimpan didalam sistem simpatika.

Setelah NRG terbit di akun simpatika anda maka simpatika akan mengotomatisasi analisis kelayakan tunjangan. Jika anda memenuhi berbagai persyaratan/parameter yang ditentukan maka di menu analisis kelayakan tunjangan akan muncul tulisan " Selamat Anda Layak Mendapat Tunjangan Untuk Periode 2016/2017" seperti gambar dibawah ini :
Baca Lagi :
  1. Cara Melihat Analisis Kelayakan Tunjangan Di Simpatika
  2. Tutorial Lengkap Verval NRG Simpatika
  3. Kode dan Nama Mapel Tidak Teridentifiksi di Simpatika
Nah dari solusi yang dipaparkan oleh pihak itjen guna mempercepat tunjangan Profesi semoga saja yang dimaksud verval TPG ini adalah tindak lanjut dari verval NRG di simpatika. Karena sampai saat ini banyak sekali yang sudah melakukan verval nrg namun hanya sampai tahap aprove kab/kota sehingga masih terbengkelai di kanwil.

Dengan demikian jika verval NRG seluruh indonesia beres maka akan semakin memudahkan pihak petugas baik di penma, itjen maupun kanwil dalam memeriksa dan menganalisa kelayakan tunjangan karena hanya tinggal melihat di sistem simpatika. Tanpa harus cek berkas hardcopy satu persatu.
Demikian informasi mengenai Itjen Siapkan Solusi Percepat Pencairan Tunjangan TPG semoga bermanfaat bagi seluruh operator madrasah di indonesia. Jangan lupa share ke teman anda.

2 komentar

benar gan. sudah ditunggu-tunggu nih. cz sudah masuk triwulan 1. semoga cepat terealisasikan.


EmoticonEmoticon