Rabu, 29 Maret 2017

Info Baru Terkait Simpatika

Simpatika sudah mencapai pertengahan semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Masih banyak agenda-agenda simpatika yang belum terselesaikan diantaranya Verval NRG dan Verval Inpassing.
Senin, 27 Maret 2017 kemaren forum operator memporel informasi terbaru perihal aplikasi Simpatika. Info ini didapat dari hasil bimtek dengan narasumber operator kanwil jawa timur yaitu Bapak Anung. Dalam bimtek tersebut membahas berbagai permasalahan yang dihadapi oleh para operator simpatika. mulai dari Linieritas mata pelajaran, Verval NRG, Verval Inpassing, dan permasalahan Guru JTM Guru TIK di kurikulum K13 yang diakui pada program simpatika.

Info Baru Terkait Simpatika

Berikut detail info simpatika terbaru

  1. Guru Mapel Umum bisa diakui menjadi guru kelas. Artinya guru yang ijazah/sertifikasinya mapel umu seperti Matematika, Bahasa Indonesia dll tidak harus mengajar mapel khusus. Misal Guru yang dalam sertifikasi terdata sebagai guru mapel IPA maka jika mengajar Bahasa Indonesia jamnya akan diakui. Untuk alokasi beban Jam Mengajar JTM di simpatika bisa dibaca disni : Alokasi Jam Mengajar (JTM) Terbaru di Simpatika
  2. Mapel Agama Serumpun yg diakui sesuai PMA 103 tahun 2015. Aqidah Akhlak, Fiqih, SKI, dan Alquran H. Boleh beda Jenjang MI, MTs, MA. 
  3. Mapel B. ARAB berdiri sendiri tidak serumpun. Jadi kalo anda yang bersertifikasi PAI misal Fiqih jangan mengajar Bahasa Arab karena tidak akan diakui. Boleh mengajar tapi tidak usah dimasukan didalam Beban JTM SKMT nanti malah tidak linier trus di analisis malah Tidak Layak mendapat Tunjangan kan malah bingung sendiri nanti anda. Untuk cara melihat analisis tunjangan bisa dibaca disini : Cara Melihat Analisis Kelayakan Tunjangan Profesi
  4. Verval NRG Simpatika masih antrian 18.000 orang, dan 
  5. Verval Inpasing masih antri 6.000 orang. Dalam Sehari kanwil cuma bisa verval dibawah 10 karena harus mensinkronkan dengan data yg lain. Dan juga Karena keterbatasan Operator Kanwil. Operator Kanwil jumlahnya 4. Yg kerja cuma 2. Mungkin anda mau membantu ? Jadi harap maklum kalau NRG masih proses kanwil. 
  6. Ijasah yg di upload pada verval NRG adalah Ijasah yg dipakai ketika Sertifikasi. Bukan Ijasah yang terakhir. Meski ijazah yang terakhir S2, S3 tapi kalau waktu sertifikasi ijazahnya S1 ya upload saja yang S1.
  7. Mapel TIK dikurikulum K13 jumlah jam sama dengan guru BK, sesuai jumlah siswa. 
  8. Untuk Inpasing sementara masih fokus pada guru yg sudah punya SK dan No. Bagi yang belum ya ditunggu saja tidak perlu resah gelisah.
  9. untuk keserumpunan pemetaan mata pelajaran bisa dilihat di Permendikbud No. 46 Tahun 2016. Dibaca ya guesssssss biar paham.

NPK Resmi Gantikan Peran NUPTK

Jadi sudah tau kan penyebab masih pendingnya verval NRG dan Verval Inpassing, yaitu karena faktor antrian. Sangking banyaknya yang harus diverval oleh kanwil jadi harus antri. Para PTK tidak perlu cemas perihal verval inpassing dan verval NRG ini. Yang penting anda sudah melakukan verval maka tinggal ditunggu saja.
Baca Juga :

Demikian sedikit info terbaru dari program aplikasi Simpatika semoga bisa menambah wawasan kita, jangan lupa klik share like dan komen agar seluruh operator di indonesia tidak ketinggalan info tersebut.


EmoticonEmoticon