Selasa, 24 Januari 2017

EMIS Verval UN 2017 Dengan Berbagai Permasalahan dan Solusi

EMIS Verval UN 2017 Dengan Berbagai Permasalahan dan Solusi - EMIS Online semester ganjil telah usai. Kemarin sudah keluar semua data hasil EMIS, sayng sekali admin masih belum sempat mempublikasikan hasil tersebut karena kerepotan yang tidak bisa ditinggalkan. Kita tinggalkan sejenak EMIS Online sekarang beralih fokus ke EMIS Verval UN 2017 yang menyisakan berbagai permasalahan dan mungkin saja anda semua masih kebingungan mengatasinya. Jangankan anda, admin sendiri juga sempat kebingungan mengatasi permasalahan EMIS Verval UN 2017.

Pengertian EMIS Verval UN 2017
EMIS Verval UN adalah sistem informasi yang dirancang untuk mendata para calon peserta Ujian Nasional di Sekolah/Madrasah lingkungan kementerian Agama. Data dari EMIS Verval UN 2017 tersebut diambil dari data EMIS Online yang sudah di upload oleh lembaga madrasah. EMIS Verval UN 2017 Data yang diambil hanya siswa yang berada di tingkat/kelas VI (Enam) untuk MI, IX (Sembilan) untuk MTs, dan XII (Dua Belas) untuk MA. Secara otomatis data yang masuk atau berada di sistem database EMIS Verval UN 2017 sama persis dengan data siswa yang anda Upload pada saat EMIS Online Semester Ganjil/Genap.

EMIS Verval UN 2017 Dengan Berbagai Permasalahan dan Solusi

Kegunaan EMIS Verval UN 2017
Seperti definisi yang sudah dipaparkan diatas, EMIS Verval UN 2017 digunakan untuk mendata peserta didik yang hendak mengikuti Ujian Nasional.
Bagaimana Alur proses kegunaan dari EMIS Verval UN ?
Data yang sudah masuk di EMIS Verval UN 2017 nantinya akan digunakan sebagai dasar penentuan peserta Ujian Nasional. Operator Madrasah melakukan pemeriksaan terhadap data peserta ujian nasional yang berada di sistem EMIS Verval UN. Setelah dirasa semua tidak ada masalah selanjutnya operator melakukan pengaturan dan pencetakan berita acara yang ditandatangi oleh kepala madrasah. Selanjutnya Operator mengunduh Database peserta ujian nasional yang berada di menu 'Unduh CapesUN'. Selanjutnya Operator Menyerahkan Berita Acara dan Database ke Seksi Pendidikan Madrasah Kabupaten/Kota.
Database dari EMIS Verval UN selain digunakan untuk diserahkan ke admin penma kab/kota juga bisa anda gunakan untuk melakukan import data di aplikasi BIO UN yang sudah suport fitur import database .emis

Baca lagi yang belum paham :
Pendataan Peserta UN Melalui EMIS Verval UN

sampai saat ini admin belum mendapat info apakah databse yang .emis yang diserahkan ke admin kab/kota digunakan juga sebagai penentu data peserta ujian nasionala ataukah tidak. Jika iya, maka sudah sewajibnya data kita semua yang masuk ke emis verval un 20017 benar-benar fixed dan tidak ada kesalahan.
Namun permasalahanya banyak diantara kita yang kebingungan bagaimana cara edit data di emis verval un jika ada data yang keliru. Terakhir kali admin cek di emis verval un memang tidak ada fitur untuk melakukan edit data. lantas bagaimana cara edit/merubahnya ?

ingat ! emis verval un mengambil data dari emis online semester ganjil, mungkin saja ketika semester genap nanti emis verval un secara otomatis akan mengambil data dari emis online semester genap 2017. Maka solusinya saat anda melakukan upload emis semester genap 2017 nanti saat input form excel emis genap 2017 pastikan data yang salah/keliru pada emis verval un 2017 sudah anda benahi di form excel emis semester genap 2017. Dengan demikian data di emis verval un sudah tidak ada kesalahan lagi. Semoga saja.
memang seharusnya didalam sistem emis verval UN 2017 diberikan fitur edit agar para operator yang menemukan kekeliruan pada data peserta calon un di madrasahnya bisa segera langsung di rubah/dibetulkan supaya tidak kebingungan. Bahkan fitur pagination, pagination adalah fitur untuk menampilkan data yang sangat banyak kemudian data tersebut dibagi menjadi beberapa halaman.
Sekian ulasan admin mengenai EMIS Verval UN 2017 Dengan Berbagai Permasalahan dan Solusi. Semoga pihak dirjen pendis bagian perencana sistem inoformasi bisa memperbaharui sistem emis verval un agar jauh lebih mudah dalam penggunaanya.

5 komentar

Apa data yang diinput udah langsung bisa dilihat?

Mudah-mudahan anak-anak kelas saya XII AP bisa mengikuti UN dan lulus semua.

Makasih mas, jangan panggil gan kita kan sama-sama guru punya etika profesi.

Makasih.

makasih artikelnya sangat membantu

Admin juga berharap ketika ada updating data dari emis pendis 2017 data akan mereplace data lama pak. semoga saja.


EmoticonEmoticon