Rabu, 02 Maret 2016

Tutorial Lengkap Verval NRG Simpatika

Tutorial Lengkap Verval NRG Simpatika - Selamat pagi sahabat operator madrasah. Kali ini admin akan membagikan tutorial lengkap verval nrg di simpatika. NRG atau Nomor Registrasi Guru adalah nomor unik yang dimiliki setiap guru yang sudah memiliki sertifkat pendidik (Guru Bersertifikasi). Kali ini sistem informasi Simpatika merilis lagi sebuah sistem verval NRG yaitu untuk memferivikasi dan validasi NRG setiap guru dilingkungan kementrian agama.

Verval NRG ini bersifat wajib bagi para guru bersertifikasi karena jika tidak melakukan verval NRG maka NRG yang dimiliki akan hangus karena dianggap tidak valid. Sementara itu bagi guru yang sudah bersertifikasi tapi belum memiliki NRG maka melalui sistem verval NRG ini guru tersebut bisa mengajukan NRG baru.

Verval NRG dilakukan oleh para masing-masing guru melalui situs simpatika. Setiap guru login menggunakan akun simpatika kemudian melakukan updating data sertifkasi selanjutnya melampirkan sertifikat pendidik yang telah di scan dan diupload melalui fasilitas verval NRG tersebut. Guru yang sudah melakukan updating data sertifikasi tinggal menunggu data yang telah dikirim diverval dan disetujui oleh admin kab/kota. Kemudian guru akan mendapatkan bukti tanda pengajuan NRG (S26C).

Tutorial Lengkap Verval NRG Simpatika ini admin buat agar memudahkan para guru untuk melakukan verval nrg. Tutorial Lengkap Verval NRG Simpatika ini sangat mudah diikuti. cukup ikuti langkah-langkahnya jika anda teliti dan sesuai langkah-langkah pada postingan Tutorial Lengkap Verval NRG Simpatika ini insyaAllah anda akan berhasil melakukan updating data Verval NRG.

Mengapa Wajib Melakukan Updating Data Sertifiksi ?
Pemerintah pusat mulai memperketat sistem baik dalam pengeluaran keuangan maupun dalam hal keadministrasian. Untuk mengucurkan dana kepada para guru bersertifikasi pemerintah harus memiliki data yang akurat dan valid. Melalui verval NRG inilah kevalidan data akan benar-benar didapat. Guru yang tidak melakukan updating data seritifikasi melalui verval NRG maka guru tersebut meskipun telah memiliki NRG dan sertifikat pendidik maka tidak akan pernah diakui oleh pemerintah.


Apa Sangsi Bagi yang Tidak Melakukakn Updating Data Verval NRG ?
sangsinya jelas sebagai guru bersertifikasi yang tidak melakukan updating data sertifikasi melalui verval NRG tidak akan menerima tunjangan sertifikasi ( Tunjangan Tidak Mungkin Cair ). Mengapa demikian ? Diatas sudah saya jelaskan bahwa Verval NRG ini untuk memulai langkah pemerintah menigkatkan kevalidan data. Melalui Verval NRG inilah penjaringan data itu dimulai dan secara terpusat akan masuk secara otomatis ke database server pusat. Jika tidak melakukan update data otomatis data anda tidak akan ditemukan di pusat. Itu artinya status anda sebagai guru bersertifikasi tidak akan pernah diakui.

Langsung saja ke topik bahasan utama yaitu Tutorial Lengkap Verval NRG Simpatika. Hal-hal yang perlu anda siapkan adalaha sebagai berikut :
  1. Data-data sertifikasi.
  2. Sertifikat Pendidik.
  3. Laptop / Komputer.
  4. Koneksi Internet (Modem, Wifi, Smartphone).
  5. Scaner Jika tidak ada bisa menggunakan Kamera atau smartphone.
Berikutnya adalah memulai verval NRG sesuai dengan Tutorial Lengkap Verval NRG Simpatika berikut :
  1. Login ke simpatika melalui halaman ini : http://simpatika.kemenag.go.id/ . Pilih login PTK kemudian gunakan user dan password anda.
  2. Kemudian pilih layanan Simpatika PTK.
    Tutorial Lengkap Verval NRG Simpatika
  3. Pada Dasbor PTK, pilih menu VerVal NRG. Klik Ajukan VerVal. Sistem memeriksa apakah guru ber NUPTK, jika guru tidak berNUPTK maka system akan menolak dengan menampilkan notifikasi PTK tidak memiliki NUPTK (menu Verval tidak muncul).
    Tutorial Lengkap Verval NRG Simpatika
  4. Pada kotak dialog VerVal NRG PTK, pilih Jenis Ajuan, pilih Telah memiliki NRG bagi yang telah memiliki NRG dan isi nomor NRG serta Nomer Peserta yang tertera pada Piagam Sertifikasi Anda (Input klaim NRG harus memasukan NRG dan no peserta sertifikasi yang mana keduanya akan divalidasi di data arsip NRG). Klik Benar & Lanjut.
    Tutorial Lengkap Verval NRG Simpatika
  5. Selanjutnya, isikan Data Sertifikasi Anda dengan benar (Pastikan Anda telah menyiapkan file scan sertifikasi / piagam dan ijazah terakhir Anda untuk diunggah, file yang dapat diunggah adalah file dengan tipe gif, png, atau jpeg dengan minimal ukuran file 200KB dan maksimal ukuran file 1MB), Klik Benar & Lanjut untuk menyimpan data.
    Tutorial Lengkap Verval NRG Simpatika
  6. Konfirmasi data sertifikasi yang telah Anda isikan, jika masih kurang sesuai, klik Edit Kembali. Jika telah sesuai klik Simpan. 
    Tutorial Lengkap Verval NRG Simpatika
  7. Jika data berhasil diunggah, selanjutnya Cetak Surat Ajuan Anda.
    Tutorial Lengkap Verval NRG Simpatika
  8. Berikut SURAT AJUAN VERVAL NOMER REGISTRASI GURU (NRG) – (S26b2).
    Tutorial Lengkap Verval NRG Simpatika
  9. Ajukan Surat Ajuan Verval NRG (S26b) tersebut ke Kantor Kemenag Kab/Kota, Guru akan menerima Surat Tanda Terima Pengajuan/Verval NRG (S26C2).
    Tutorial Lengkap Verval NRG Simpatika
  10. Pantau status ajuan verval NRG Anda melalui menu Verval NRG pada akun PTK Anda.
    Tutorial Lengkap Verval NRG Simpatika

Nah sekarang anda sudah berhasil mengerjakan verval NRG, saya yakin jika anda mengikuti langkah-langkah Tutorial Lengkap Verval NRG Simpatika ini pasti anda sukses mengerjakan. Sampai jumpa di tutorial berikutnya.

7 komentar

proses verval nrg baru kenapa belum diterbitkan no NRGnya?

Bagaimana solusi kalau NRG tidak ditemukan, sekadar info kami lulus 2009 sdh coba vrval brkali-kali namun muncul notifikasi NRG anda tdk ditemukan

Masih menunggu aprove kanwil pak. antri

silahkan di klik ajukan baru pak,,! lalu dimasukan semua datanya sesuai sertifikat pendidik.

Mengapa saat verval NRG selalu muncul "Data No. Sertifikat Pendidik tidak ditemukan pada Data DIKTI"

bagaimana cara mencetak kartu NRG? trims

Mohon penjelasan kenapa vitur verval nrg tidak ada di dasbord simpatika untuk ptk


EmoticonEmoticon