Jumat, 11 Desember 2015

Hasil Upload EMIS Semester Ganjil 2015-2016

Tags

Hasil Upload EMIS Semester Ganjil 2015-2016 - Sebelumnya saya ucapkan selamat bagi operator yang sudah berhasil mengupload data emis semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Mengerjakan Data emis memang merupakan salah satu hal terberat bagi para operator. Mengapa saya katakan sangat berat ? Berat bukan karena sulit mengerjakanya tapi karena begitu banyaknya data yang harus diinputkan ke dalam form emis yang selanjutnya di proses dan backup dengan aplikasi desktop emis. Terlebih lagi untuk tahun pelajaran ini atau form data emis yang baru ini ditambahin kolom-kolom yang begitu detail mengenai biodata para siswa seperti kolom NIK siswa, NIK oran tua dan lain sebagainya. Bayangkan jika sebuah madrasah memiliki ribuan siswa, tidak terbayang betapa beratnya perjuangan para operator. Namun seberat apapun hal tersebut operator madrasah adalah seorang pekerja profesional yang senantiasa menyelesaikan pekerjaan dengan tuntas. Dengan semangat juang 45 yang membara para operator madrasah melakukan kerja rodi siang malam hanya untuk menyelesaikan semua inputan data emis. Mungkin bagi anda bertanya-tanya, seberapa penting sih data emis itu ? Data emis sangat penting bagi madrasah untuk mengupload karena data emis merupakan bahan dasar bagi kementrian agama khususnya dirjen pendis untuk menentukan kebijakan-kebijakan terkait bantuan-bantuan yang akan digelontorkan kepada madrasah-madrasah seluruh indonesia. Contoh kegunaan data emis adalah sebagai dasar penentuan anggaran dana bos yang diberikan kepada madrasah, data emis juga digunakan sebagai registrasi para siswa untuk memperoleh NISN (Nomor Induk Siswa Nasional). Bahkan juga digunakan untuk menetapkan para peserta Ujian Nasional.
Mengingat betapa pentingnya data emis tersebut maka setiap madrasah dituntut untuk melakukan upload data emis masing-masing madrasah. Dengar-dengar tersiar kabar bahwa tuntutan tersebut juga ditujukan bagi setiap provinsi bahkan kabupaten agar senantiasa memonitoring madrasah dibawah naunganya agar semua mengupload data emis sampai 100 %. Setiap provinsi bersaing untuk mencapai kriteria 100% untuk mendapat penghargaan yang konon diberikan oleh pemerintah. Dengan begitu para kantor wilayah provinsi mendesak kabupate-kabupaten di bawah naunganya untuk harus upload 100%. Sebuah dampak positif karena dengan begitu setiap madrasah pasti akan termonitor dan pasti mengupload. karena jika ada marasah yang belum mengupload maka admin kab/kota akan langsung menegur agar segera upload. Namun dibalik itu semua terdapat efek negatif yaitu kevalidan data. Alih alih ingin mencapai seratus persen dan mendesak para madrasah sehingga lembaga/madrasahpun serasa dikejar target. Terlebih jika ada yang belum valid seperti kenyataanya misal ada siswa yang belum mengumpulkan KK sebagai dasar inputan ke form emis, maka operatornya akan memasukan data yang asal-asalan. Tanya kenapa ? Karena mengejar waktu dan targey untuk segera upload. Namun para operator hendaknya bisa mensiasati dengan mempersiapkan semuanya jauh-jauh hari agar saat upload semua sudah siap dan tinggal diupload.
Nah dari sekin panjangnya prolog saya diatas inti dari postingan kali ini adalah pengumuman Hasil Upload EMIS Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015-2016. Kini anda bisa melakukan monitoring terhadap hasil upload data emis semester ganjil 2015-2016. Hasil rekap upload data emis ini merupakan data dari pusat. disini anda bisa melihat secara detail tiap provinsi bahkan tiap kabupaten. Untuk tiap provinsi ranking pertama sementara diduduki oleh kepulauan RIAU yang sudah berhasil upload 100%, kemudian disusul oleh Nusa Tenggara timur 94%, ranking ketiga diduduki jawa tengah dengan upload 93%. Jawa timur menduduki posisi 14 dengan total upload 80%.

Hasil Upload EMIS Semester Ganjil 2015-2016
Sementara itu informasi untuk tiap provinsi disini akan saya comot sedikit dari provinsi jawa timur. Hasil Upload EMIS Semester Ganjil 2015-2016 untuk provinsi jawa timur ranking pertama diduduki oleh kabupaten tutlungagung dengan total upload 100% dari 290 master. Posisi kedua diduduki Kabupaten Magetan yang juga memperoleh total upload 100% dari 220 master. Sebuah prestasi yang luar biasa untuk kabupaten magetan bisa menduduki ranking 2 untuk hasil upload emis sementara. Hal ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi publik magetan setidaknya mampu mencapai 100% lebih cepat dari kabupaten/kota lain dengan 220 master. Prestasi tersebut patut dipertahankan karena saya sendiri adalah operator madrasah dibawah naungan kemenag kabupaten magetan. Kerja keras para operator di kabupaten magetan memang luar biasa dengan semangat pantang menyerah dan kerja rodi akhirny mampu memperoleh prestasi hingga demikian. Saya ucapkan selamat bagi para operator di wilayah magetan semoga perjuangan kalian bisa menjadi motivasi dan contoh bagi rekan-rekan operator di wilayah lainya diseluruh indonesia.
Bagi anda yang ingin melihat secara rinci hasil upload emis semester ganjjil tahun pelajaran 2015/2016 bisa download melalui link dibawah ini.

3 komentar

bagaimana jika hingga btas akhir upload ternyata data lembaga gagal, smntara data ptk dan data siswa brhsil, apkah berpwngaruh pada lembaganya?.lmbga kami RA mohon blasannya

waduh mas bro, link buat download pengumuman hasil upload data EMIS nya tidak ditemukan nih.

tiap upload data siswa selalu macet ditengah jalan. gimana ni om..


EmoticonEmoticon