Selasa, 29 Desember 2015

Cara Mengisi dan Mencetak Berita Acara CAPESUN EMIS Verval UN

Cara Mengisi dan Mencetak Berita Acara CAPESUN EMIS Verval UN - Ditengah-tengah ramainya pembicaraan mengenai erornya server emis verval un, tidak ada salahnya kalu kita sejenak memahami masalah berita acara yang harus dicetak dan diserahkan ke kemenag kab/kota. Berita acara serah terima calon peserta ujian nasional berisi informasi serah terima data berupa file database .emis yang sudah di verval oleh operator madrasah.

Mengapa harus memakai berita acara CapesUN di EMIS Verval UN ?

Berita acara tersebut sebagai bukti bahwa anda telah melakukan verval calon peserta ujian nasional serta menyerahkanya ke admin kab/kota. Didalamnya terdapat tanda tangan kedua belah pihak yaitu pihak pertama yang menyerahkan data capesun ditandatangani oleh kepala madrasah masing-masing lembag. Pihak kedua sebagai penerima data ditandatangani oleh admin kab/kota masing-masing kantor kementrian agama. Kemudian tidak ketinggalan mengetahui kepala seksi madrasah / pendidikan islam kankemenag kab/kota.
Berikut hal-hal penting yang dimuat didalam berita acara capesun emis verval un :
  1. Tanggal Berita Acara akan muncul secara otomatis sesuai dengan tanggal cetak Berita Acara.
  2.  PIHAK PERTAMA adalah Kepala Madrasah yang akan menyerahkan data siswa calon peserta UN TP 2015/2016. Data Kepala Madrasah secara otomatis akan diambil dari data hasil upload data EMIS semester ganjil TP 2015/2016. 
  3. PIHAK KEDUA adalah panitia pendataan UN tingkat Kab./Kota yang akan menerima data calon peserta UN TP 2015/2016 dari lembaga/madrasah. Identitas PIHAK KEDUA dapat diinputkan pada menu “Pengaturan”. Jika data PIHAK KEDUA tidak diisi, maka pada Berita Acara akan muncul simbol titik-titik (dapat diisi dengan ballpoint/pulpen). 
  4. Periksa kembali rekap jumlah data siswa yang muncul di Berita Acara Serah Terima Data Calon Peserta UN dan Lampirannya. Pastikan jumlah dan nama siswa calon peserta UN TP 2015/2016 sudah sesuai dengan kondisi riil di madrasah yang bersangkutan. 
  5. Berita Acara Serah Terima Data dan Lampirannya harus diketahui dan ditandatangani oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah/Pendidikan Islam pada Kankemenag Kab./Kota setempat. Identitas Kepala Seksi dapat diinputkan pada menu “Pengaturan”.
  6. Unduh file Berita Acara Serah Terima Data Calon Peserta UN dan Lampirannya. Lokasi penyimpanan file dapat dipilih sesuai dengan keinginan Anda. 
  7. Cetak Berita Acara Serah Terima Data Calon Peserta UN dan Lampirannya sebanyak 3 (tiga) rangkap, yang masing-masing diperuntukkan bagi : Panitia UN tingkat Kab./Kota 1 (satu) rangkap, Seksi Pendidikan Madrasah/Pendidikan Islam Kankemenag Kab./Kota 1 (satu) rangkap, dan madrasah yang bersangkutan 1 (satu) rangkap.

Pengaturan Parameter Untuk Berita Acara CAPESUN EMIS Verval UN

Berikut langkah-langkah untuk menseting / pengaturan berita acara capesun emis verval UN :
  1. Login ke emis verval un http://emispendis.kemenag.go.id/vervalun/
  2. Klik Menu Pengaturan
    Cara Mengisi dan Mencetak Berita Acara CAPESUN EMIS Verval UN
  3. Isikan semua kolom sesuai gambar berikut :
    Cara Mengisi dan Mencetak Berita Acara CAPESUN EMIS Verval UN
  4. Klik Simpan.

Penyampaian Data Calon Peserta Ujian Nasional dan Berita Acara

  1. Berita Acara Serah Terima Data Calon Peserta Ujian Nasional beserta Lampirannya dicetak dan ditandatangani Kepala Madrasah.
  2. Siapkan file Daftar Calon Peserta Ujian Nasional (DCP UN) yang sudah diunduh (file berekstensi .emis) dan 3 (tiga) rangkap Berita Acara Serah Terima Data Calon Peserta UN beserta Lampirannya yang sudah ditandatangani oleh Kepala Madrasah.
  3. Bawa Berita Acara dan Lampirannya ke Kankemenag Kab./Kota untuk ditandatangani
    Kepala Seksi Pendidikan Madrasah/Pendidikan Islam Kankemenag Kab./Kota setempat. 
  4.  Bawa file DCP UN dan 3 (tiga) rangkap Berita Acara Serah Terima Data Calon Peserta
    UN yang sudah ditandatangani oleh Kepala Madrasah dan Kepala Seksi Pendidikan
    Madrasah/Pendidikan Islam beserta Lampirannya ke di Dinas Pendidikan Kab./Kota. 
  5. Serahkan file DCP UN kepada Panitia Pendataan UN Tingkat Kab./Kota. 
  6. Panitia Pendataan UN Tingkat Kab./Kota menandatangani Berita Acara Serah Terima
    Data Calon Peserta UN yang sudah disiapkan oleh lembaga/madrasah.
  7. File DCP UN berekstensi .emis diserahkan kepada Panitia UN tingkat Kab./Kota disertai
    dengan 1 (satu) rangkap Berita Acara dan Lampirannya.
  8. File DCP UN berekstensi .emis diserahkan kepada Seksi Pendidikan Madrasah/ Pendidikan Islam disertai dengan 1 (satu) rangkap Berita Acara dan Lampirannya untuk arsip Kankemenag Kab./Kota.   
  9.  1 (satu) rangkap Berita Acara dan Lampirannya disimpan oleh madrasah untuk arsip
    madrasah yang bersangkutan. 
Demikianlah informasi lengkap mengenai Cara Mengisi dan Mencetak Berita Acara CAPESUN EMIS Verval UN semoga sistem emis verval un cepat fixed lagi dan kita bisa segera menyelesaikan pekerjaan ini.

2 komentar

mau nanya useename n paswword bio un online smp/mts apa?

terima kasih,,,sangat membantu


EmoticonEmoticon