Senin, 28 Desember 2015

Berbagai Permasalahan di EMIS Verval UN

Berbagai Permasalahan di EMIS Verval UN - Berbagai Permasalahan Masih Menghantui EMIS Verval U - Baiklah teman-teman operator, saatnya kini menjawab semua pertanyaan rekan-rekan yang terlontar baik melalui komentar di blog maupun di sosial media yang tergabung dalam group serta fanspage Operator Sekolah. Karena banyaknya pertanyaan saya jelas tidak mampu menjawab satu-persatu, namun sekian banyak pertanyaan tersebut terkait dengan munculnya problem di emis verval un sudah saya baca semua. Saya merangkum pertanyaan-pertanyaan yang merupakan problem / permasalahan yang dihadapi oleh para operator dalam mengerjakan emis verval UN.

Berbagai Permasalahan di EMIS Verval UN
Sistem Emis verval UN Sebenarnya adalah sebuah sistem yang smple bagi operator. Mengapa saya katakan demikian ? Sistem ini hampir sama dengan Verval pd operator hanya cukup melakukan verval (Verifikasi dan Validasi) yaitu pengecekan terhadap data list peserta ujian nasional. Data-data tersebut seharusnya sudah disajikan oleh emis verval un karena data tersebut diambil dari data emis yang telah diupload. Namun pada kenyataanya para operator sangat mengalami kesulitan bahkan berlarut larut dalam mengerjakanya. Bukan karena sulit, bukan karena tidak bisa tapi hal ini hanya faktor kurang sempurnanya sistem emis verval un.

Permasalahan yang muncul terkait EMIS Verval UN

diantaranya adalah :
  1. Server Eror. atau tidak dapat mengakses situs emis verval un ( http://emispendis.kemenag.go.id/vervalun/ ) hal ini dikarenakan server sedang down atau server sedang ada masalah  atau bisa juga maintance. jadi masalah bukan di operator. Solusi : Bersabar menunggu hingga server pulih kembali.
  2. Gagal Login Ke sistem padahal email dan password sudah benar. Hal ini disebabkan program mengalami eror pada bagian session register. Entah memang programnya yang ada masalah atau memang akun anda (user dan password) anda lenyap dari database, atau mungkin bisa jadi belum tersinkronkan. Solusi : bersabar Lapor ke Admin kab/kota agar segera ditindak lanjuti.
  3. Data Calon Peserta Ujian Nasional Kosong. Ini permasalahan yang juga saya alami. Mulanya data baik-baik saja namun setelah server mengalami eror kemudian server kembali normal saya cek data siswa capesun malah kososng yang muncul hanya data di kolom NIK sementera jumlah data juga menunjukan angka yang sudah benar. Mungkin ada dari teman-teman yang juga mengalami silahkan curhat via komoentar. Solusi dari permasalahan ini adalah bersabar dan laporkan ke admin kab/kota agar diteruskan ke pusat.
  4. Data Lengkap Namun setelah dicetak data di file pdf kosong. ada juga yang unik lagi yaitu data di emis verval un lengkap seolah-olah baik baik saja namun setelah dicetak capesun dan berita acara data tersebut tidak muncul alias kosong (0). Solusi : Laporkan ke admin kabupaten/kota.
  5. Data Lengkap Namun setelah dietak yang muncul siswa milik madrasah lain. ini lebih aneh lagi, data di emis verval un lengkap kemudian dicetak juga muncul datanya namun bukan data milik madrasah yang mencetak tersebut melainkan milik madrasah/lembaga lain. Solus : Bersabar dan laporkan ke admin/kab.kota.
  6. Menambahkan data siswa pindah masuk / kelas akselerasi, sudah klik simpan tapi data tetap saja tidak masuk ke list. Solusi : Bersabar sistem masih perlu dibenahi.
  7. Siswa yang pindah / keluar sudah dihapus tapi tetap saja muncul datanya di emis verval un. Solusi bersabar, sistem juga buatan manusia pasti ada kekuranganya nanti akan segera dibenahi karena saat ini teman kita di bagian perencanaan sistem pusat juga sedang bekerja keras demi lebih baiknya sistem emis verval un.
  8. Data peserta UN hilang semua dari emis verval un jadi 0. Banyak yang mengalami demikian. ini diakibatkan karena para programer masih melakukan pembenahan program. Solusi : Para operator harus bersabar dan terus membantu dengan doa agar para programer sistem emis bisa terus berjuang menyelesaikan problem yang ada.  
Demikian kira-kira berbagai pertanyaan dan keluhan yang muncul dalam pengerjaan sistem pendataan peserta ujian nasional melalui emis verval UN. Saat ini teman-teman kita para programer di pusat sedang berjuang tanpa henti membenahi sistem demi terciptanya sistem yang lebih baik, kita para operator harus bersabar dan terus berdoa agar permasalahn ini cepat selesai.

20 komentar

504 Gateway Time-out

The server didn't respond in time.

kalo memang di pusat sedang berjuang membenahi sistemnya kenapa verval un di tutup smpai tgl 28 padhal sblmx smpe tgl 31. masih bnyak siswa yg belum di verval. kita juga dsni ga pernh pndh dpn komputer tunggu sistem yg error trus. gmana data mau selesai klo bgitu. harusx jangka waktunya diperpanjang...jd bagaimana dengan sekolah yg belum verifikasi datanya? da ga bisa ikut UN?

Bisa buk jangan khawatir. Pusat pasti solusinya tersendiri bagi yang belum sukses verval un di emis verval un. Kita tunggu saja perkembanganya

pak saya sudah konfirmasi sama pusat kankemenag kota semarang dan dinas penddkn kota smrg. ttp saya blm bs login.

Tiap jam kami buka eror terus..... semoga saja kami pantang menyerah... meskipun yang lain sudah antar ke kabupaten/kota, meskipun tanggal pengumpulan dah lewat batas akhir... semoga saja ada solusi agar anak2 kami tetap bisa mengikuti UN... dan tentunya kami tunggu hasil perjuangan team programer verval UN Emis Pendis Pusat... kita saling mendukung ya...!!!!!!!

lima hari manteng depan monitor....dilayar cuma ada tampilan...
504 Gateway Time-out

The server didn't respond in time.

Yth Pak Admin : Bagaiamana solusi madrasah yang Sudah punya NPSN tapi ketika Upload data Awal (Aplikasi Dekstop belum dicantumkan NPSN, bagaimana cara menambah NPSN pada situs emispendis/vervalun????

Maaf sebelumnya, kalau pemerintah menginginkan kemenag ingin mempercanggih lagi tekhnologi baik itu dalam pedandataan siswa maupun seperti yg kita kerjakan saat ini vervalun, kenapa dipersulit ops, toh ops juga bukan ini aja kerjaannya, tolonglh buat kedepannya, klw mau buat aplikasi itu sebelum di bagikan kepada stiap skolh2, alangkah lebih baiknya di teliti lebih awal dulu, yg pada intinya jgn di persulit.terima kasih.

dftar capesun hilang, jdi kosong, gmana solusinya pak?
dlm fitur tambah siswa kelas akhir ada jumlh dan NIK aja.

ternyata dari permaslahan yang ada solusinya hanya bersabar dan menunggu... LOL

sampai sekarang dta capes UN sya msh kosong,, gmana ya....?

kita hanya di suruh bersabar.....kesabaran manusia itu aada batasnya..... salam operator :D

sampai sekarang saya belum bisa vervalun kapan dibuka kembali aplikasinya

Aslkm pak... waktu dicetak berita acara nya kok yang muncul error pak
data siswa nya gak ada pak
mohon pencerahannya

Yth Pak Admin
tanggal 29 Desember 2016 saya tambah siswa kelas akhir 1 (satu) siswa, tapi muncul 3 (tiga)siswa sama persis. tanggal 29 Desember 2016 dua siswa saya pindahkan (tidak aktif) dari daftar tambah hilang. Tetapi cetak BA CAPESUN masih ada. Dan waktu import pada Aplikasi Pendataan UN tidak bisa "Paralel+Absen ada yang ganda, ..."
Tolong dong!!!

Yth Pak Admin
tanggal 29 Des 2015 saya tambah satu siswa, tetapi muncul tiga siswa sama. tanggal 30 Des 2015 dua siswa saya pindah dan hilang dari daftar, tetapi masih ada di BA CAPESUN.Saat import di Aplikasi Pendataan UN "Paralel+Absen ada yang ganda, ..."
Tolong dong ... agar muridku bisa ujian.

permisi gan boleh gabung,,,
permasalahan sya pada no 3 gan, smpek kna marah sma pak kepsek,,,
satu per satu data kami yang tiba2 kosong,,, mungkin da jga yang pernah mngalami hal demikian,,,

sampai sekarang masih kosong ndk gan?

Yth Pak Admin
tanggal 29 Desember 2016 saya tambah siswa kelas akhir 1 (satu) siswa, tapi muncul 3 (tiga)siswa sama persis. tanggal 29 Desember 2016 dua siswa saya pindahkan (tidak aktif) dari daftar tambah hilang. Tetapi cetak BA CAPESUN masih ada. Dan waktu import pada Aplikasi Pendataan UN tidak bisa "Paralel+Absen ada yang ganda, ..."
Tolong dong!!!

sedikit saran...kasus emis ini hampir mirip dengan kasus UNBK awal pertama kali keluar... Server pusat belum siap melakukan sosialisasi tapi waktu sudah berakhir...jadi DADAKAN kesannya... dan akhirnya sempat dibuat Jadwal per propinsi tapi ujung2nya masih aja Overload...KALO ADA BAIKNYA INDONESIA KHUSUS BAGIAN PEMERINTAHAN...Coba lah SEWA SERVER YANG LEBIH BESAR GITU SUPAYA KAPASISTAS SERTA FASILITAS LEBIH BAIK LAGI....KAN dana Besar COBA SEWA SERVER RUSIA APA LAH GITU... Maunya....


EmoticonEmoticon