Kamis, 12 November 2015

Cara Mudah dan Cepat Scan Berkas PUPNS Menjadi File PDF

Tags

Cara Mudah dan Cepat Scan Berkas PUPNS Menjadi File PDF - Pendaftaran PUPNS telah mencapai tahap level 2. Verifikasi Level 1 hampir selesai. Bagi yang belum verifikasi level 1 hendaknya segera diselesaikan. Sebelum saya bahas mengenai trik Cara Mudah dan Cepat Scan Berkas PUPNS Menjadi File PDF alngkah baiknya anda sudah benar-benar paham alur-alur atau tahapan tentang PUPNS ini, Bagi yang masih bingung saya sarankan untuk membaca terlebih dahulu beberapa artikel berikut :
 Berkas Persyaratan Untuk Pendataan E-PUPNS
Cara Cek Status Pendaftaran E-PUPNS
Cara Mendaftar Akun Operator Pada EMIS Tahun 2015/2016
Cara Mengatasi Lupa Nomor Registrasi Pendataan E-PUPNS
Cara Mengisi Data Posisi di E-PUPNS
Cara Mengisi Data Riwayat Pendataan E-PUPNS
Cara Mengisi Data Utama Pendataan E-PUPNS
Cara Menyimpan Data E-PUPNS Agar Tidak Kembali Ke Menu Login
Pedjadwalan Terbaru Pengisian Data E-PUPNS Bagi User
Trik Cara Memperbaiki Data PUPNS yang Terlanjur Dikirim Melalui Fasilitas Turun Status
Setelah anda membaca kini anda terlihat lebih fresh lagi dan tidak kebingungan. OK sekarang kita lanjut membahas masalah  Cara Mudah dan Cepat Scan Berkas PUPNS Menjadi File PDF. Untuk apa berkas-berkas tersebut di scan ?
Tentu saja untuk memverifikasi data anda apakah benar-benar valid. Untuk melakukan verifikasi admin PUPNS juga membutuhkan informasi sumber. Sumber informasi yang digunakan oleh verifikator untuk mengecek data-data yang sudah anda isi dan kirim melalui situs EPUPNS adalah dengan menggunakan berkas-berkas yang dikumpulkan oleh para PNS. Tidak hanya berkas dokumen berupad hardcopy tapi juga dalam bentuk softcopy. Berkas Hardcopy seperti yang sudah anda kumpulkan sebelumnya yaitu berkas-berkas dalam bentuk kertas. Berkas softcopy dalam bentuk file berformat .pdf.

Cara Mudah dan Cepat Scan Berkas PUPNS Menjadi File PDF
Bagi anda yang awam didalam dunia Komputer dan IT pasti bingung bagaimana cara menjadikan berkas hardcopy anda ke dalam sofcopy terlebih lagi ditentukan formatnya yaitu file dengan tipe format .pdf . Tidak sulit sebenarnya untuk membuat file berkas-berkas anda menjadi pdf. Anda cukup menggunakan alat yang bernama Scaner yaitu alat pemindai berkas/dokumen yang mampu menghasilkan (Output) file dalam bentuk PDF. Namun mengingat banyaknya berkas yang harus discan rasanya sangat membosankan jika harus menscan satu persatu dokumen berkas PUPNS anda. Tidak akan menjadi masalah jika anda punya SCAN multi dokumen. Hanya dengan menumpuk semua file berkas anda kedalam scaner maka mesin akan bekerja sendiri secara otomatis menscan satu persatu. Namun jika anda / instansi anda hanya memiliki scan yang hanya bisa digunakan untuk menscan satu persatu berkas, (One by One) waduhh tidak kebayang anda harus membuka dan menutup mesin scaner berapa kali.
Cara Mudah dan Cepat Scan Berkas PUPNS Menjadi File PDF disini akan saya bagikan trik tanpa menggunakan mesin scaner. Apakah Bisa ? Tentu saja bisa. Jaman sekarang tanpa mesin scaner kita mampu memindai dokumen dan menyimpanya dalam format PDF. hanya saja tidak langsung instan seperti output mesin scaner. Jika tanpa mesin scaner diperlukan tahap-tahap proses mengolah file agar bisa menjadi pdf. Tapi saya jamin dengan trik ini anda tidak akan boring dibanding harus mengoperasikan mesin scaner.
Cara Mudah dan Cepat Scan Berkas PUPNS Menjadi File PDF ini kita akan menggunakan sebuah kamera untuk memindai file berkas pupns anda. Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut :

Cara Mudah dan Cepat Scan Berkas PUPNS Menjadi File PDF

  1. Sediakan Kamera SLR jika ada. Jika tidak ada Gunakan Kamera Digital Biasa, Jika tidak gunakan HP / Smartphone anda yang ada Kameranya. Saya sarankan jika terpaksa harus menggunakan HP/Smartphone gunakan yang ada kamera dengan kualitas jepretan diatas 3 Mega Pixel.
  2. Siapkan Berkas-berkas PUPNS anda.
  3. Cari suasana yang nyaman, pencahayaan yang cukup agar hasil foto terlihat jelas.
  4. Mulailah memfoto file-file berkas pupns anda, Ingat ! dalam memfoto dokumen yang terfoto harus jelas artinya bisa dibaca tulisanya.
  5. Jika capek istirahatlah sambil sesekali selfie untuk mengurangi beban pikiran dan sters, jangan lupa upload dan share ke media sosial heehe.
  6. Lanjutkan memfoto hinga selesai,
  7. Jika sudah selesai kini saatnya mengolah file gambar hasil jepretan anda menjadi PDF.
  8. Copy / pindahkan semua file foto tadi ke dalam komputer/laptop/flasdishk.
  9. Dalam menjadikanya file pdf kita membutuhkan sebuah aplikasi pencetak dokumen pdf yaitu do pdf.
  10. Download Aplikasi Do PDF disini
  11. Instal aplikasinya hingga selesai.
  12. Jika aplikasi do pdf sudah terpasang bukalah aplikasi MS. Word.
  13. Seting ukuran kertas menjadi F4. dengan ukuran 8,5" x 13 ".
  14. Sekarang kita masukan file gambar yang sudah anda foto satu persatu, atau anda bisa mengelompokanya. Misal berkas-berkas SK PNS anda jadikan satu file pdf juga bisa.
  15. Klik insert > image > pilih gambar-gambarnya 
    Cara Mudah dan Cepat Scan Berkas PUPNS Menjadi File PDF

    Cara Mudah dan Cepat Scan Berkas PUPNS Menjadi File PDF
  16. Aturlah gambar tersebut agar letak dan tampilanya pas. Corp bagian yang tidak perlu.
    Cara Mudah dan Cepat Scan Berkas PUPNS Menjadi File PDF
  17. jika sudah tinggal klik file > print.
  18. pilih driver printer Do PDF klik OK.
    Cara Mudah dan Cepat Scan Berkas PUPNS Menjadi File PDF
  19. Pilih browse untuk menentukan lokasi penyimpanan dan menamai file.
    Cara Mudah dan Cepat Scan Berkas PUPNS Menjadi File PDF
  20. Klik OK.
Selamat sekarang anda bisa membuat berkas PUPNS menjadi file pdf tanpa mesin scaner. Dengan metode Cara Mudah dan Cepat Scan Berkas PUPNS Menjadi File PDF ini diharapkan akan memudahkan para PNS untuk berjuang menyelesaikan tahap demi tahap pendataan pupns yang semakin ribet.


EmoticonEmoticon