Sabtu, 28 November 2015

Cara Mendaftar Peserta UKG Kemenag Melalui Simpatika

Cara Mendaftar Peserta UKG Kemenag Melalui Simpatika - Salam satu data operator kemenag. Kali ini admin akan bagikan cara mendaftar peserta UKG kemenag melalui situs simpatika. Kemarin saya sudah bagikan informasi pengantar UKG Kemenag, yang belum baca bisa baca disini >> UKG Kemenag. Sesuai dengan Surat Edaran yang telah diterbitkan oleh Dirjen Pendis Kemenag nomor Dj.I/HM.01/3319/2015 tanggal 11 November 2015 perihal Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) bagi Guru Madrasah  yang direncanakan akan dilaksanakan mulai 11 Desember 2015.  Bahwa proses registrasi dan penetapan peserta piloting UKG Madrasah 2015 akan dilaksanakan melalui Layanan SIMPATIKA.
Proses registrasi dimaksud akan dilaksanakan mulai tanggal 26 November 2015 sampai dengan 4 Desember 2015. Berkenaan dengan hal tersebut, dimohon kepada seluruh Pendidik (Guru) Madrasah untuk memastikan telah Cetak Kartu Digital PTK periode Semester 1 TP. 2015/2016 melalui akun individu masing-masing di SIMPATIKA. Proses registrasi UKG dimaksud juga sebagai bahan pemetaan pelaksanaan UKG di periode 2016 tahun depan.
Seperti yang telah disebutkan pada surat dirjen pendis tersebut bahwa pendaftaran peserta UKG Kemenag dilakukan melalui situs Simpatika. Semua guru madrasah wajib mendaftar sebagai peserta UKG terutama yang sudah sertifikasi. Untuk melakukan pendafataran persyaratan yang harus dipenuhi tidaklah sulit yaitu anda cukup mengaktifkan akun PTK dan cetak kartu digital NUPTK / Page ID Simpatika.

Pelaksanaan UKG Kemenag

Jika mengacu pada surat dirjen pendis Kemenag nomor Dj.I/HM.01/3319/2015 tanggal 11 November 2015, disebutkan bahwa proses UKG Kemenag akan dilaksanakan pada tanggal 11 Desember 2015 hari jum'at. Jika tidak ada perubahan maka insya Allah akan terlaksana UKG kemenag pada hari dan tanggal tersebut.

Cara Mendaftar Peserta UKG Kemenag Melalui Simpatika.

Langsung saja pada inti dari informasi ini yaiut pendaftaran UKG Kemenag melalui situs layanan simpatika. Simak dan segera lakukan pendaftaran sesuai langkah-langkah berikut :
  1. Kunjungi situs Simpatika >> http://simpatika.kemenag.go.id/  atau http://padamu.siap.web.id/ .
  2. Login PTK
  3. Masukan user id dan password yang anda miliki. atau jika anda seorang operator masukan user dan password milik PTK yang akan anda daftarkan UKG Kemenag.
  4. Jika sudah berhasil masuk di dashboard akun. Klik Menu Info UKG.
  5. Pilih "Pendidik Guru Pemilik sertifikasi" Jika pendaftar sudah berstatus sertifikasi / memiliki sertifikat pendidik. Jika belum memiliki sertifikat pendidik (Belum Sertifikasi) pilih "Pendidik (Guru) Belum sertifikasi.
  6. Masukan Mapel UKG Kemenag dan tahun sertifikasi sesuai sertifikat pendidik. Perhatikan kode mapel harus sama dengan yang tertera di sertifikat. pilih mapel yang anda ajarkan jika anda belum memiliki sertifikat pendidik. Jika anda belum bersertifikasi usahakan memilih mapel yang benar-benar anda kuasai. 
  7. Klik simpan.
  8. Tunggu dan periksa secara berkala akun anda karena akan ada informasi mengenai nomor peserta, nomor validasi, jadwal dan lokasi ukg.
Demikian info mengenai  Cara Mendaftar Peserta UKG Kemenag Melalui Simpatika semoga bisa membantu rekan-rekan guru semua dilingkungan kementrian agama. Tunggu info update selanjutnya mengenai UKG Kemenag di blog ini.
Update info : Data Peserta UKG Kemenag Seluruh Indonesia
Update info : Tata Tertib Peserta UKG Kemenag  

8 komentar

menu "Info UKG" tidak ada.
Apa yang mau di "klik"???

Misalnya thn sertfkasi 2011, mapelnya guru kelas RA kodenya sesuai thn srtfkasi ya....contoh (2011-021) Guru Kelas RA

gak ada gan kiri sebelah mana

ada gan lihat seperti gmbr yg saya lingkari

Ada gan coba perhatikan lagi gan..


EmoticonEmoticon