Kamis, 26 November 2015

Aplikasi Raport K13

Aplikasi Raport K13 - Selamat malam salam satu data para operator kemenag, Lumayan lama admin tidak update info karena masih berkutat dengan EMIS dan berkeliling membantu teman-teman operator lain yang kesulitan. Dalam kesempatan ini admin akan bagikan aplikasi raport untuk kurikulum 2013 jenjang MI, MTs, dan MA. Aplikasi raport K13 ini dibuat untuk mempermudah bagi para guru/wali kelas dalam mengelola nilai-nilai siswanya yang sudah menerapkan kurikulum 2013. Menurut wikipedia Kurikulum 2013 (K-13) merupakan kurikulum tetap diterapkan oleh pemerintah untuk menggantikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang telah berlaku selama kurang lebih 6 tahun. Kurikulum 2013 masuk dalam masa percobaanya pada tahun 2013 dengan menjadikan beberapa sekolah menjadi sekolah rintisan.
Pada tahun 2014, Kurikulum 2013 sudah diterapkan di Kelas I, II, IV, dan V sedangkan untuk SMP Kelas VII dan VIII dan SMA Kelas X dan XI.
Kurikulum 2013 memiliki tiga aspek penilaian, yaitu aspek pengetahuan, aspek keterampilan, dan aspek sikap dan perilaku. Di dalam Kurikulum 2013, terutama di dalam materi pembelajaran terdapat materi yang dirampingkan dan materi yang ditambahkan. Materi yang dirampingkan terlihat ada di materi Bahasa Indonesia, IPS, PPKn, dsb., sedangkan materi yang ditambahkan adalah materi Matematika.
Materi pelajaran tersebut (terutama Matematika) disesuaikan dengan materi pembelajaran standar Internasional sehingga pemerintah berharap dapat menyeimbangkan pendidikan di dalam negeri dengan pendidikan di luar negeri.

Aplikasi Raport K13

Kembali lagi ke aplikasi Raport K13, aplikasi ini dibuat oleh Drs. Abdullah Sani, M.Pd.I dan Badrus Zaman S.Kom, M.Cs dan diterbitkan (di share) Oleh dindik jawa timur. Kemungkinan juga dindik propinsi lain juga ngeshare aplikasi ini. Aplikasi Raport K13 ini dibuat dengan menggunakan Microsoft Excell. Namun meskipun dibuat dari excell tapi aplikasi raport K13 ini tidak kalah dengan aplikasi-aplikasi yang dibuat dari bahasa pemrograman yang lain seperti java, vb ataupun berbasis web. Aplikasi Raport K13 ini dibuat agar semudah mungkin digunakan mengingat pengguna aplikasi kebanyakan adalah guru-guru yang memang bukan spesialis dalam urusan komputerisasi. Saya yakin jika anda menggunakan aplikasi ini pastilah anda langsung bisa menggunakanya tanpa kesulitan. Karena aplikasi ini sudah disusun sedemikan rupa hingga sang pengguna tidak kesulitan dalam menggunakan. Lantas Apa saja fitur yang ada di aplikasi ini ?

Fitur Aplikasi Raport K13

  1. Data Sekolah : Fitur yang digunakan untuk mengelola data profil sekolah anda. Seperti Nama Madrasah, NSM, Alamat Madrasah dan lain sebagainya.
  2. Data Siswa : Fitur yang digunakan untuk mengelola data siswa. Melalui fitur ini anda bisa mengelola biodata siswa dengan mudah karena sudah ada kolom-kolom biodata dan anda tinggal mengisi.
  3. KD Mulok : Fitur yang digunakan untuk mengelola muatan lokal
  4. UTS dan UAS : Adalah fitur untuk mengelola Nilai UAS dan UTS
  5. Raport Tiap KD : Fitur untuk menampilkan Nilai dari tiap KD
  6. Raport Cover : Fitur Untuk mengelola Cover Raport.
  7. Dan masih banyak lagi fitur lainya.

Cara Menggunakan Aplikasi Raport K13 

  1. Download Aplikasi Raport K13 Melalui Link di bawah.
  2. Ekstrak  menggunakan Winrar.
  3. Buka dulu aplikasi MS. Excell.
  4. Aktifkan Macro dengan cara Klik Button Office - Klik Excell Option - enable all macros (not recommended, potentially dangerous code can run) -
  5. Selanjutnya buka aplikasi raport K13.
  6. Selamat menggunakan aplikasi raport k13.

Download Aplikasi Raport K13

 ada 3 Aplikasi yang bisa anda download yaitu aplikasi raport K13 untuk MI, aplikasi raport K13 untuk MTs, dan aplikasi raport K13 untuk MA.

9 komentar

Thanks All.
Untuk semester genap kami tunggu .....

Untuk yang semester genap apa ada pak? sekalian di share ya pak?

apa passwordnya untuk input deskripsi mata pelajaran?

Mhn info dan pencerahan :
1. Bagiaman cara menambahkan nomor induk siswa jika nomornya ada sekitar 12 angka
2. Kenapa berat dan tinggi badan tidak bisa di input

Dibikin saja sesuai struktur nomor induknya sesuai petunjuk.
kalau tidak bisa diinput kemungkinan form diprotect

sangat membantu admin.
yuk cek juga blog kami :
https://raporsdk13.blogspot.com/


EmoticonEmoticon