Rabu, 16 September 2015

Trik Solusi Error 500 dan Susah Masuk Situs E-PUPNS

Tags

Trik Solusi Error 500 dan Susah Masuk Situs E-PUPNS - Banyak sekali rekan-rekan setia blog forum operator yang bertanya melalui kotak komentar maupun via akun facebook. Mereka selalu mempertanyakan solusi error 500 saat mendaftar maupun saat login dan mengakses sistem e-pupns. Mereka sealalu kebingungan saat menemui eror 500, gagal mencetak formulir, gagal cetak nomor registrasi dan lain-lain.Trik Solusi Error 500 dan Susah Masuk Situs E-PUPNS - Kemudian saya membuktikanya kembali dengan mendaftarkan akun seorang PNS dan yang terjadi adalah saya tidak menemukan hal-hal yang disebutkan oleh rekan-rekan. Saat saya mendaftar hingga login ke sistem lancar-lancar saja. Dari situ saya mulai mempelajra penyebab berbagai masalah yang diahadapi rekan-rekan. Untuk eror 500 disebabkan karena server terlalu sibuk. Usut punya usut ternyata server yang digunakan oleh BKN untuk sistem epupns adalah server yang sama dengan yang digunakan oleh sistem-sistem lain milik BKN seperti bkn.go.id , sscn.bkn.go.id dan lain sebagainya. Bayangkan satu akun server harus dibagi ke beberapa subdomain dan setiap domain diakses ribuan orang bahkan jutaan orang. Apa yang terjadi alamak server down akhirnya overload, user kebingungan. Menurut berita saja situs e-pupns harus menampung sekitar 4,6 juta PNS untuk melakukan pendataan ulang. Tapi anda tidak perlu khawatir para analis sistem epupns pasti sudah mengetahui fenomena berbagai keluhan user dan saat ini pasti para analis sedang mengusahakan untuk melakukan perbaikan.
Tanpa menunggu bantuan dari admin epupns pun anda bisa mengatasi masalah tersebut, nah Trik Solusi Error 500 dan Susah Masuk Situs E-PUPNS adalah sebagai berikut.

  1. Jika saat anda ingin membuka situs e-pupns pastikan bahwa anda menggunakan koneksi internet yang berkecapatan tinggi. Minimal 2Mbps.
  2. Jika speed internet anda sudah memadai, cari waktu-waktu yang tidak digunakan user lain untuk mengakses situs epupns. Misal jam 02.00 WIB (jam 2 pagi) saya jamin anda akan lancar membuka situs epupns. Hal ini dilakukan untuk mengindari jam-jam overload server. Biasanya server mengalami overload saat jam-jam kerja.
  3. Jika anda menemui error 500 saat memuat halaman epupns setelah login, maka segera reload halaman dengan menekan tombol F5. Jika hal itu masih belum cukup untuk mengatasi maka perhatikan poin nomor 1 dan 2. Sudahkan anda membuka situs epupns sesuai dengan trik nomor 1 dan 2. Jika belum cobalah dengan memakai trik nomor 1 dan 2. Perhatikan apakah masih muncul eror 500.
  4. Jika saat melakukan registrasi anda mengalami kesulitan begitu masuk ke tahap mencetak nomor registrasi dan formulir registrasi, biasanya muncul juga 500. Solusinya adalah perhatikan urlnya kemudain copy url tersebut paste ke notepad kemudian simpan. Anda bisa melakukan load halaman tersebut kapanpun anda mau selama anda punya/menyimpan url tersebut. Lakukan Pencetakan halaman / load halaman print nomor registrasi dengan meggunakan trik poin no 1 dan 2.
Demikian sedikit solusi dari forum operator semoga Trik Solusi Error 500 dan Susah Masuk Situs E-PUPNS bisa membantu dan memecahkan masalah anda dalam melakukan pendataan ulan melalui sistem E-PUPNS.

2 komentar

terimakasih atas informasinya, tapi saya ingin bertanya. kenapa saya selalu kesusahan untuk login padahal password sudah benar dan selalu saja harus ganti password saat mau buka. situs itu jika saya buka selalu error dan error. mohon bantuannya ya, terimakasih :)

terimakasih atas informasinya, tapi saya ingin bertanya. kenapa saya selalu kesusahan untuk login padahal password sudah benar dan selalu saja harus ganti password saat mau buka. situs itu jika saya buka selalu error dan error. mohon bantuannya ya, terimakasih :)


EmoticonEmoticon