Senin, 22 Juni 2015

Kumpulan Rumus-rumus Excel yang Harus dikuasai Oleh Operator Sekolah

Kumpulan rumus-rumus excel yang harus dikuasai oleh operator sekolah -
sebagai seorang operator sekolah dituntut menguasai banyak hal. Tidak cuma sekedar input data
kebanyakan para operator di indonesia merangkap sebagai tenaga administrator, bahkan tak sedikit yang harus mengerjakan tugas-tugas khusus seperti membuat berbagai laporan yang harus dikerjakan dengan aplikasi ms. excel. diantara tugas-tugas tersebut antara lain mengelola data nilai para siswa, mengelola data personal siswa, membuat laporan SPJ yang harus menghitung bebagai angka nominal uang, dan masih banyak lagi lainya. disini saya akan bagikan kumpulan rumus-rumus excel yang harus harus dikuasi oleh para operator. Tidak banyak memang rumus yang akan saya bagikan tapi semoga bisa membantu tugas anda sebagai operator. Kumpulan rumus-rumus excel yang akan saya bagikan merupakan rumus-rumus / fungsi yang penting dan umum digunakan seperti menjumlah dengan sum, rata, min, max dan lain-lain. Langsung saja simak dan pelajari rumus-rumus excel dibawah ini :

1. Rumus / Fungsi SUM


 kumpulan rumus-rumus excel yang harus harus dikuasi oleh para operator - Pada contoh gambar diatas kita akan menjumlahkan semua nilai dari salah satu murid yaitu ronaldo. Nilai yang dijumlahkan adalah nilai BIN, MTK, IPA. Untuk menjumlahkan semua nilai kita cukup menggunakan fungsi SUM dengan mengetikan rumus pada cell jumlah (G3) :
=SUM(D3:F3) kemudain tekan enter. Maka jumlah nilai akan langsung terbentuk.

  • Rumus Average digunakan untuk mendapatkan nilai rata dari beberapa data dengan Range tertentu. Misal anda ingin mendapatkan nilai rata-rata dari seorang siswa dengan 3 nilai mata pelajaran. anda tidak perlu menjumlah ketiga nilai tersebut lalu membaginya 3. anda cukup menggunakan rumus average maka semua akan selesai. Perhatikan contok berikut : 
    Untuk mendaptkan nilai rata-rata pada cell H3 anda cukup mengetikan rumus =average(D3:F3) lalu tekan enter. Maka selesailah anda membuat nila rata-rata. untuk membuat rata-rata di cell bawahnya karena rumus yang digunakan sama anda cukup mendrag dengan fill handle.
  • Rumus MAX digunakan untuk mencari dan mendapatkan nilai tertinggi / terbesar dengan batas range tertentu. Misal perhatikan contoh dibawah ini :
    kumpulan rumus-rumus excel yang harus harus dikuasi oleh para operator - Kita akan mencoba mencari nilai tertinggi dari mata pelajaran BIN dari sekian siswa. Jika banyaknya siswa sedikit anda mungkin cukup bisa mengamati secara langsung dan menentukan nilai tertinggi, tapi bayangkan jika jumlah siswa anda sebanya ratusan bahkan ribuan. Anda tidak perlu repot-repot melototin monitor anda cukup mengetikan rumus di cell yang akan diletakan nilai tertinggi. Kita gunakan contoh gambar diatas dapat diketikan rumus di cell D14 dengan rumus sebagai berikut : =MAX(D3:D12) kemudain tekan enter.
  • Rumus MIN digunakan untuk mencari dan mendapatkan nilai terendah / terkecil dengan batas range tertentu. Misal perhatikan contoh dibawah ini:
    Kita akan mencoba mencari nilai terendah dari mata pelajaran BIN dari sekian siswa. Jika banyaknya siswa sedikit anda mungkin cukup bisa mengamati secara langsung dan menentukan nilai terendah, tapi bayangkan jika jumlah siswa anda sebanya ratusan bahkan ribuan. Anda tidak perlu repot-repot melototin monitor anda cukup mengetikan rumus di cell yang akan diletakan nilai terendah. Kita gunakan contoh gambar diatas dapat diketikan rumus di cell D14 dengan rumus sebagai berikut : =MIN(D3:D12) kemudain tekan enter.
  • Rumus COUNT digunakan untuk mencari banyaknya data dari range tertentu.kumpulan rumus-rumus excel yang harus harus dikuasi oleh para operator - Misal kita akan mencari banyaknya data nilai BIN kita cukup mengetikan =count(D3:D12) lalu tekan enter.

2 komentar

kurang banyak gan, tambahin lagi daftar rumus-rumusnya.

siip, masih kurang,, rumus if,vlookup,hlookup, countif, dan lainya lah masih banyak lagi, hehehe


EmoticonEmoticon